Jumat, 26 April 24

Pengamat LIPI Sebut Sri Mulyani Potensial Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Pengamat LIPI Sebut Sri Mulyani Potensial Dampingi Jokowi di Pilpres 2019
* Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati., dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (Sumber foto: setkab.go.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan maju kembali pada Pilpres 2019 mendatang. Jokowi mendapat dukungan dari PDI-P, Nasdem, Golkar, PPP, dan Hanura.

Survei yang dilakukan sejumlah lembaga survei menunjukkan popularitas dan elektabilitas Jokowi mengungguli pesaingnya, Prabowo Subianto.

Yang menjadi pertanyaan publik adalah siapa cawapres yang akan mendampingi Jokowi? Sejauh ini mantan Gubernur DKI Jakarta ini masih merahasiakan nama cawapresnya. Jokowi berjanji akan mengumumkan calon pasangannya tersebut pada saat yang tepat.

Syamsuddin Haris
Peneliti Senior pada Pusat Penelitian Politik (P2P) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menyebut ada dua cawapres nonparpol yang potensial dipilih oleh Jokowi, yakni Mafhfud MD dan Sri Mulyani Indrawati. Mahfud adalah pakar hukum tata negara dan anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD. Ia juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi. Sedangkan Sri Mulyani saat ini adalah Menteri Keuangan. Syamsuddin menilai Mahfud dan Sri memiliki kompetensi di bidangnya dan relative bersih.

Feeling saya cawapres nonparpol yg potensial dipilih sebagai pendamping Jokowi adalah Prof @mohmahfudmd dan Sri Mulyani Indrawati. Kenapa? Menurut saya dua orang figur tsb masing2 memiliki kompetensi di bidangnya, relatif bersih, serta memiliki integritas dan rekam jejak yg baik,” tweet Peneliti Senior pada Pusat Penelitian Politik (P2P) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI ini di akun Twitternya, @sy_haris, Rabu (11/7).

Nama Cawapres Mengerucut pada Satu Nama

Seperti diketahui Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan  Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri membahas berbagai agenda strategis bangsa dan negara, termasuk pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden.

Koalisi pendukung Presiden Jokowi telah terbentuk, namun hingga kini belum diputuskan siapa yang bakal menjadi cawapres pendamping Jokowi pada Pilpres 2019. Menurut Megawati, nama tersebut sudah mengerucut pada satu nama.

“Berkaitan dengan siapa yang akan diputuskan sebagai cawapres, nama sudah mengerucut dan sudah dikantongi Pak Jokowi,” kata Megawati melalui siaran pers, Senin (9/7/2018).

Megawati enggan menyebut nama cawapres dimaksud. Ia mengatakan, Presiden Jokowi tengah mempertimbangkan waktu yang tepat untuk mengumumkan nama tersebut kepada publik.

“Pengumuman dilakukan pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secerah ketika matahari terbit dari timur. Jadi tunggu saja dan sabar,” kata Megawati.

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan,  pertemuan Megawati dan Jokowi itu dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/7/2018) malam. Pertemuan berlangsung selama 1 jam 50 menit dalam suasana penuh santai.

Hasto mengatakan, pertemuan Batu Tulis tersebut menepis berbagai anggapan dari berbagai pengamat politik yang mencoba membuat jarak, bahkan memisahkan antara Presiden Jokowi dengan Megawati dan PDIP.

“Kepemimpinan Ibu Mega dan Pak Jokowi itu saling melengkapi dan satu kesatuan. Ibu Mega sangat kokoh dalam prinsip, dan berpolitik dengan keyakinan untuk rakyat. Sementara Pak Jokowi dengan kemampuan teknokratisnya serta model kepemimpinan yang membangun dialog, merangkul, dan terus membumikan Pancasila dalam tradisi kepemimpinan yang turun ke bawah, atau merakyat,” tutur Hasto. (arh)

 

Baca juga: 

Tito Karnavian Laporkan Capaian Polri di Depan Jokowi

Tjahjo Sebut Gubernur Sumbar Asal PKS Dukung Jokowi

Amien Rais Sindir TGB Dukung Jokowi, Ngabalin : Dia Tak Ngerti Lapangan

Fahri Hamzah Berharap Anies Tidak Ikut Langkah Jokowi

Pertemuan Megawati dan Jokowi Mengerucut Pada Satu Nama Cawapres

Jokowi Telah Kantongi Syarat Cawapres Pendampingnya

Jokowi: Semangat Apkasi Menciptakan Masyarakat Madani

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.