Jumat, 2 Desember 22

Pesawat Tempur Cina Hadang Pesawat Mata-mata AS

Pesawat Tempur Cina Hadang Pesawat Mata-mata AS
* Cina mengkritik keberadaan pesawat AS di kawasan Laut Cina Selatan (foto dokumentasi/BBC)

Washington – Dua pesawat tempur Cina telah menghadang pesawat pemantau Amerika Serikat (AS) dengan cara yang ‘tidak aman’ di Laut Cina Selatan, kata Departemen Pertahanan AS.

Insiden itu, menurut Pentagon, terjadi di wilayah udara internasional pada 17 Mei 2016 tatkala pesawat pemantau maritim AS tengah menjalankan patroli rutin di area tersebut.

Dihubungi secara terpisah oleh kantor berita Associated Press, seorang perwira AS mengklaim pilot terpaksa menurunkan pesawat sejauh 60 meter untuk menghindari tabrakan dengan pesawat tempur Cina.

Departemen Pertahanan mengatakan akan mengutarakan masalah ini melalui jalur militer dan diplomatik. “Selama setahun terakhir, Departemen Pertahanan telah menyaksikan peningkatan dalam aksi Cina, terbang dengan sikap yang aman dan profesional,” sebut Pentagon.

Insiden yang melibatkan pesawat tempur dan kapal perang kedua negara bukan kali pertama terjadi. Pekan lalu, sebuah kapal Angkatan Laut Amerika Serikat berlayar mendekati pulau karang yang masih menjadi sengketa beberapa negara di Laut Cina Selatan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Lu Kang, menanggapi dengan menyebut kapal Amerika serikat ‘mengancam kedaulatan Cina dan kepentingan keamanan’ serta ‘merusak perdamaian dan stabilitas kawasan’. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.