Sabtu, 27 April 24

Perempuan Berpengaruh Besar dalam Menanamkan Nilai Pancasila

Perempuan Berpengaruh Besar dalam Menanamkan Nilai Pancasila
* Ketua Umum Persatuan Perempuan Peduli Pancasila (P4) Aini Gebse. (Foto: Kapoy/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Puluhan perempuan menggelar deklarasi dan syukuran atas terbentuknya Persatuan Perempuan Peduli Pancasila (P4) di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (2/7/2019) malam.

Dalam acara deklarasi tersebut, Ketua Umum P4 E.H Aini Gebse mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara kesatuan Republik Indonesia,  sebagai pandangan hidup bangsa, sebagai kepribadian bangsa,  sebagai ideologi negara, sebagai sumber dari segala sumber hukum. Untuk itu dia mendeklarasikan P4 di hadapan para perempuan yang hadir.

“Terkait dengan hal tersebut di atas kami kaum perempuan menimbang dan berkewajiban menginternalisasikan nilai Pancasila,” ujar Aini saat mendeklarasikan P4.

Menurut dia, dalam menginternalisasikan pancasila, kaum perempuan memiliki peran yang sangat penting. “Sebab Pancasilais atau tidaknya pada generasi bangsa kedepan tergantung ditangan kaum perempuan,” ungkapnya.

Untuk itu, dia memandang perlu adanya upaya-upaya yang harus dilakukan kaum perempuan agar Pancasila benar-benar terpatri dalam Sanubari  diri generasi bangsa ke depan, di antaranya perempuan berperan menjadikan Pancasila sebagai dasar pendidikan.

“Dalam keluarga ibu mempunyai pengaruh besar dalam mendidik anaknya penanaman nilai-nilai Pancasila kepada anaknya sehingga dapat membentuk generasi yang berkarakter Pancasila,” tuturnya.

Lalu peran ibu selanjutnya adalah sebagai agen pengontrol dan proteksi. “Dalam rangka penanaman nilai Pancasila ibu harus berperan mengawasi sikap putra-putrinya sampai sejauh mana pola pikir dan tingkah laku anak mencerminkan nilai-nilai Pancasila,” ucap Aini.

Tak hanya itu, perempuan menjadi konsolidator di sektor publik. Yaitu, Partisipasi yang dilakukan kaum perempuan di sektor publik selain dapat menambah wawasan jaringan, kaum perempuan juga mampu menjadi basis kekuatan upaya internalisasi nilai Pancasila yang dilakukan akan lebih marak dan hegemonik.

Aini menegaskan, begitu pentingnya perempuan didalam penempatan ideologi Pancasila dalam berbangsa dan bernegara serta menjalankan kehidupan. Atas dasar itu, perempuan yang hadir di acara itu mendeklarasikan P4.

Aini mengucapkan, dengan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa kaum perempuan Indonesia memutuskan untuk mendeklarasikan P4 dan menyatakan:

1. Peran perempuan sangat penting dalam membentuk martabat dan membangun peradaban bangsa.

2. Kami akan menerapkan ideologi Pancasila sebagai ideologi gerakan perempuan Indonesia.

3. Kami siap menjadi Mitra pemerintah dalam mewujudkan pembangunan nasional disegala bidang sesuai dengan azas ideologi Pancasila.

“Demikian deklarasi ini kami buat sebagai persembahan dan kecintaan kami bagi Indonesia Raya,” punkas Aini selepas mendeklarasikan P4. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.