Jumat, 2 Oktober 20

Peningkatan Koperasi dan UMKM Dinilai Mampu Kurangi Kesenjangan

Peningkatan Koperasi dan UMKM Dinilai Mampu Kurangi Kesenjangan
* Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring, dalam Rapat Anggota Tahunan XXXVIII Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) Tahun Buku 2017 di Jakarta.

Jakarta, Obsessionnews.com – Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menyampaika, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini mencapai lebih dari 5,2 persen. Namun yang masih menjadi pertanyaan baginya adalah tentang pemerataannya. 

“Kalau belum (merata), apa yang harus kita lakukan? Yang harus dilakukan adalah peran koperasi dan UMKM harus ditingkatkan untuk mengurangi kesenjangan itu,” kata Meliadi di Jakarta, Minggu (22/7/2018).

Menurut Meliadi, jika jumlah anggota sebuah koperasi mencapai 9.437 koperasi primer, disampaikan 13,4 juta kepala keluarga, maka jika dikalikan 4 orang per keluarga, jumlahnya adalah 53,6 juta di bawah INKUD. 

“Kalau koperasi berjalan dengan baik, itu sudah bisa menangani 53,6 juta penduduk kita. Itu bisa menjadi share daripada INKUD untuk mengurangi kesenjangan,” katanya. 

Menurut dia, hal lain yang harus dilakukan untuk meningkatkan koperasi dan UMKM Indonesia adalah koperasi harus berkonektivitas dengan anggotanya. Menurutnya, kerjasama yang kerap dilakukan dengan berbagai negara harus dapat memberikan manfaat terhadap anggota. 

“Jangan sampai sibuk kerjasama, tetapi lupa kepada anggota. Itu saya ingatkan!,” tegasnya.

Meliadi berharap agar pelaksanaan RAT tersebut dapat menghasilkan keputusan dan rekomendasi yang berkualitas. Selain itu, kinerja INKUD juga harus ditingkatkan melalui pelayanan yang optimal dan partisipasi anggotanya. 

“Kedepan kita ingin membangun koperasi yang berkualitas. Artinya koperasi mampu menjadi badan usaha yang dapat menjalankan kaidah-kaidah umum yang berlaku dalam dunia bisnis, sekaligus menjadi koperasi yang taat asas dan konsisten dalam melaksanakan prinsip-prinsip koperasi,” ujarnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.