Senin, 20 September 21

Pemprov Hati-hati Selesaikan Masalah Tambang Liar

Pemprov Hati-hati Selesaikan Masalah Tambang Liar

Padang, Obsessionnews – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan berhati-hati dalam menyelesaikan persoalan tambang liar yang terdapat di sejumlah daerah di Sumbar, untuk menghindari korban jiwa.

Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek mengatakan, sebelum melakukan penertiban, pihaknya terlebih dahulu membicarakannya dengan pihak terkait dan masyarakat.

“Persoalan ini akan kita kaji secara lebih mendalam. Kita lakukan komunikasi dengan semua pihak agar dapat terjaga dan terkawal dengan baik,” kata Reydonnyzar Moenek usai melantik Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Mudrika sebagai Penjabat Bupati Sijunjung, Senin (2/11).

Ia mengatakan, pada satu sisi, Pemprov Sumbar harus menghormati penegakan hukum dengan memberantas tambang liar yang berpotensi merusak lingkungan dan merugikan daerah dalam jangka panjang. Tetapi, pada sisi lain pemerintah juga harus memiliki solusi, terutama terkait kesejahteraan masyarakat pelaku tambang liar tersebut.

“Kita akan carikan solusi untuk persoalan ini dengan mendahulukan komunikasi dan dialog,” katanya.

Pj Bupati Sijunjung Mudrika mengakui, daerah yang dipimpinnya merupakan salah satu kabupaten yang potensial untuk bidang pertambangan dan kemungkinan ada sejumlah tambang liar yang beroperasi.

“Kita akan berkoordinasi dengan Forkopimda terkait persoalan ini,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga akan membangun komunikasi dengan masyarakat Sijunjung, terutama yang terkait dengan usaha pertambangan.

“Kita akan menyikapi dengan arif. Bagi yang merugikan kepentingan masyarakat tentu akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Mudrika. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.