Selasa, 6 Desember 22

Pemerintah Pastikan Tidak Ada Karantina Setelah Kedatangan Jemaah Haji

Pemerintah Pastikan Tidak Ada Karantina Setelah Kedatangan Jemaah Haji
* Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyambut kepulangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). (Foto: Humas Kemenko PMK)

Obsessionnews.com – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyambut kepulangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

 

Baca juga:

Wamenag Zainut Lepas Kloter 1 Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Siap Tinggalkan Arab Saudi, Jemaah Haji: Mantab, Pak Menteri, Terima Kasih, Pak Jokowi

 

 

Sebanyak 410 jemaah asal Embarkasi Haji Bekasi dan 393 jemaah asal Embarkasi Haji Pondok Gede tiba di Soetta Sabtu (16/7/2022) dini hari.

“Hari ini kita menyambut jemaah haji dari dua embarkasi, yaitu Bekasi dan Pondok Gede. Ada total tujuh kloter dari empat embarkasi yang akan mengawali tahap pemulangan pertama ini,” ujar Muhadjir dalam siaran pers, Sabtu.

Adapun tujuh kloter dari empat embarkasi yang dimaksud yaitu embarkasi Jakarta – Pondok Gede sebanyak 2 kloter dengan total 780 jemaah, Jakarta – Bekasi sebanyak dua kloter dengan total 818 jemaah, Solo 2 kloter dengan 714 jemaah, dan Padang 1 kloter dengan 393 jemaah.

Terkait prosedur kesehatan Muhadjir mengatakan, akan ada pemeriksaan suhu badan kepada seluruh jemaah haji. Jika terdeteksi jemaah yang mengalami demam di atas 37 derajat Celsius, panitia akan langsung berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk proses penanganannya.

“Pemerintah memastikan tidak ada karantina setelah kedatangan jemaah. Namun demikian kesehatan merupakan hal yang paling utama, tetap jaga protokol kesehatan dan beristirahat dengan cukup,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Muhadjir juga turut mendoakan para jemaah haji yang baru tiba di Indonesia.

“Semoga semuanya mendapatkan predikat haji mabrur, semoga ibadahnya diterima oleh Allah. Ciri haji yang mabrur gimana? Setelah haji menjadi lebih baik,” katanya.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan seluruh bandara untuk kepulangan jemaah haji.

“Semua bandara sudah siap untuk menerima kedatangan jemaah haji. Di masa Covid ini sekalipun kita tidak melakukan karantina. Kami bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan mengawal agar saudara kita yang dari tanah suci dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Penyambutan kepulangan jemaah haji kloter pertama turut dihadiri oleh Plh. Dirjen PHU Muhammad Aqil Irham, Staf Ahli Menteri Agama Bidang Manajemen Informasi dan Komunikasi Albertus Magnus Adiyarto, Plh. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Susari, Plt. Dirjen Perhubungan Udara Isnin, Plt. Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag, Isom, Kepala Biro Umum dan SDM, Direktur Operasional Angkasa Pura 2 Muhamad Wasid, Kepala Kantor Bea dan Cukai Kelas C Bandara Soekarno Hatta Finari. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.