Minggu, 25 Agustus 19

Pemerintah Indonesia Beri Bantuan Palestina Rp11,6 Miliar

Pemerintah Indonesia Beri Bantuan Palestina Rp11,6 Miliar

Jakarta – Pemerintah Indonesia akan menyalurkan donasi 1 juta dollar AS atau setara Rp 11,627 miliar kepada rakyat Palestina yang tengah digempur pasukan militer Israel.  Bantuan ini di luar dari alat-alat untuk melengkapi cardiac center di salah satu rumah sakit yang ada di Palestina. “Kerena situasi dan kondisinya berat, Menlu sendiri akan berkomunikasi langsung dengan pemerintah Palestina,” kata Menko Kesra Agung Laksono usai mengikuti sidang kabinet di kantor Presiden Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Agung mengatakan, pemerintah Indonesia akan membantu memfasilitasi bila ada rakyat Indonesia yang berinisiatif membantu. “Yang terbaik sekarang adalah bantu uang tunai, lebih mudah disalurkan bisa kirim ke Dubes dan disalurkan ke pemerintah Hamas atau Fatah.

Selain memberikan bantuan uang tunai, pemerintah juga meminta agar kedua negara melakukan gencatan senjata. Pemerintah Indonesia, dalam upaya untuk menghentikan aksi-aksi militer di Palestina dan Israel, menyerukan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa agar menerapkan gencatan senjata di kedua belah pihak. “Upaya diplomasi dilakukan Menlu ke negara yang akan dihubungi,” kata Menko Polhukam Djoko Suyanto.

Dalam kesempatan sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengecam serangan Israel ke Gaza, Palestina, dan menjadikannya sebagai salah satu agenda dalam rapat kabinet paripurna yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta. Presiden mengatakan akan terus berupaya aktif untuk menghentikan aksi kekerasan tersebut dalam ranah diplomasi baik di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Kerja sama  Islam (OKI) dan Gerakan Non-Blok.

Presiden menyatakan, empat hal dasar posisi Indonesia dalam berdiplomasi memberikan solusi penghentian aksi-aksi kekerasan. Pertama, aksi militer Israel harus dihentikan. Kedua, mengadakan gencatan senjata dengan pengawasan oleh PBB. Ketiga, mencegah aksi saling balas antar-kedua pihak. Serta, keempat, segera diadakan bantuan kemanusiaan untuk korban-korban di Palestina terutama untuk perempuan dan anak-anak. (Has)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.