Minggu, 5 Desember 21

Pemerintah Harus Perkuat LKAAM

Pemerintah Harus Perkuat LKAAM
* Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat( Sumbar) Muslim Kasim. (Foto-foto: Musthafa Ritonga/obsessionnews.com)

Padang, Obsessionnews – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat( Sumbar) Muslim Kasim mendukung penuh penguatan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar dan kabupaten/kota di daerah itu untuk melaksanakan Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK) ditengah masyarakat. Muslim Kasim khawatir, apabila peran LKAAM tidak diperkuat, falsafah ABS SBK mustahil bisa diimplementasikan secara penuh dalam kehidupan masyarakat.

“Penguatan LKAAM itu tujuan utamanya adalah untuk mengimplementasikan ABS SBK, dengan memperkuat LKAAM,” kata Muslim saat menghadiri ulang tahun ke-49 LKAAM Sumbar di aula gubernuran Sumbar, Rabu (1/4).

Muslim mengungkapkan, apabila ABS SBK bisa terimplemetasi dalam kehidupan sehari-hari, persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, mulai dari persoalan moral, bunuh diri maupun persoalan sosial lain akan bisa teratasi dengan baik. Maka dari itu, semua upaya yang bisa dilakukan untuk menguatkan LKAAM harus didukung penuh oleh pemerintah. Pemerintah harus mendukung penuh LKAAM karena selama ini telah memberikan kontribusi positif pada masyarakat Sumbar.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM)  Sumbar, M Sayuti Dt. Rajo Pangulu
Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar, M Sayuti Dt. Rajo Pangulu

Dalam kesempatan yang sama Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti Dt. Rajo Pangulu, mengatakan, LKAAM berperan aktif memberikan pemahaman, menjabarkan serta menerapkan falsafah ABS SBK di tengah masyarakat. Ke depan LKAAM terus memperkuat peran ABS SBK dengan melakukan pelatihan kepada siswa di sekolah terkait adat dan penyediaan guru Budaya Alam Minangkabu yang berkompeten.

Ulang tahun ke-49 LKAAM Sumbar di aula gubernuran Sumbar itu diikuti oleh pengurus LKAAM Sumbar, kabupaten dan kota serta ninik mamak se-Sumbar. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.