Minggu, 25 September 22

Panglima TNI Bakal Bentuk Badan yang Tangani Ancaman Biologi

Panglima TNI Bakal Bentuk Badan yang Tangani Ancaman Biologi
* Ilustrasi ancaman biologi. (Foto: IDN Time)

Jakarta, obsessionnews.comInspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen Marinir Bambang Suswantono mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI 2021 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Bambang menyampaikan, Panglima TNI berencana akan membentuk sebuah badan yang menangani upaya penguatan Ketahanan Kesehatan Nasional saat menghadapi ancaman biologi atau pandemi lain ke depan.

“Perlu dipikirkan apakah perlu adanya badan atau lembaga yang memiliki tugas pokok dan fungsi mengoordinasikan pelaksanaan kebijakan dan menyelenggarakan pertahanan negara di bidang biologi (biodefense),” kata Bambang.

Selain itu TNI juga tengah menimbang apakah perlu dibuat sebuah pusat biosecurity.

“Tugasnya adalah mengoordinaskan dan melaksanakan identifikasi, deteksi, pencegahan, hingga respons terhadap ancaman bioteror dan ancaman kedararutan kesehatan akibat penyakit infeksi,” ungkapnya.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, lanjut Bambang, biosecurity dan biodefense tersebut memiliki tanggung jawab koordinasi dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan kementerian lembaga terkait lainnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menurut dia, ancaman biologi atau bio-threats, apabila tidak dikelola dengan baik dan benar akan membahayakan keamanan nasional.

“Oleh karenanya, seluruh komponen bangsa diharapkan dapat menghilangkan ego sektoral, dan saling bahu membahu,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.