Jumat, 27 Mei 22

Padang-Unesco Kerjasama dalam Penanganan Disabilitas

Padang-Unesco Kerjasama dalam Penanganan Disabilitas

Padang, Obsessionnews.com – Penyandang disabilitas menjadi pehatian dunia tak terkecuali Unesco. Unesco siap mewujudkan terlaksananya prinsip-prinsip yang dipromosikan PBB mengenai hak-hak penyandang disabilitas.

Guna mewujudkan prinsip itu, Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bekerjasama dengan Unesco dalam penanganan penyandang disabilitas.

Penandatangan kerjasama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Walikota Padang, Mahyeldi Ansarullah dengan Director and Representative dari Unesco Shahbaz Khan di Kota Padang, Selasa (27/9/2016) siang.

Penandatangan kerjasama yang dilaksanakan disela-sela pertemuan tingkat tinggi walikota Indonesia ke -6 untuk kota inklusif di Kota Padang dalam upaya meningkatkan kesadaran akan perlunya memperkuat usaha untuk melindungi dana memenuhi hak-penyandang disabilitas.

mou-padang-unesco-2

Shahbaz Khan mengatakan, Unesco berjanji siap membantu pemerintah Indonesia dalam mewujudkan terlaksananya prinsip-prinsip yang dipromosikan PBB mengenai hak-hak penyandang disabilitas.

“Unesco telah melakukan pelatihan kapasitas untuk organisasi penyandang disabilitas maupun aparat pemerintah sejak 2013,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Analis Kebijakan Madya Kementerian Sosial Eva Rahim Kasim mengatakan, terdapat sejumlah daerah yang peduli dengan disabilitas. Kepedulian daerah dimaksud, dimana daerah tersebut telah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang pyandang disabilitas.

“Daerah yang sudah cukup peduli dengan hak-hak disabilitas baru 14 provinsi, kabupaten dan kota. Kita berhadap pemerintah pusat dan daerah untuk lebih memerhatikan penyandang disabilitas,” katanya. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.