Rabu, 8 Februari 23

Jokowi Yakin Ekonomi Digital Indonesia Jadi Terbesar di Asia Tenggara

Jokowi Yakin Ekonomi Digital Indonesia Jadi Terbesar di Asia Tenggara

Jakarta, Obsessionnews.com – Dengan jumlah penduduk 250 juta orang, 93,4 juta di antaranya adalah pengguna internet, maka Presiden Jokowi menyebut bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi digital.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang Pengembangan Ekonomi Digital di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (27/9/2016).

“Potensi pasar yang sangat besar ini tidak boleh ditinggal begitu saja. Dan saya yakin ini akan menjadi fondasi bagi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” kata Presiden.

Jokowi mengatakan hampir semua negara berbicara mengenai ekonomi digital. Indonesia pun tidak boleh tertinggal, harus mengambil peran dalam tren perubahan itu.

Untuk diketahui pada tahun 2014 jumlah penjualan melalui e-commerce di Indonesia mencapai USD2,6 miliar dengan penetrasi hanya 0,6 persen dari total transaksi legal.

“Padahal e-commerce dapat membantu 56 juta UMKM yang menyumbang sekitar 55 persen PDB. Bandingkan dengan Tiongkok yang pengguna e-commerce telah mencapai 30 persen dan penyumbang peningkatan PDB sekitar 22 persen,” katanya.

Untuk itu, presiden meminta segera dilakukan percepatan implementasi dari program yang digulirkan. Dan sebagai langkah awal pemerintah diminta membangun sistem platform logistik dunia dengan produk-produk yang berada di desa-desa.

“Pada saat bersamaan kita juga harus mengambil langkah terobosan untuk memperkuat pelaku ekonomi digital kita karena kita melihat potensi anak muda kita siap untuk masuk ke dunia ini,” pintanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.