Senin, 29 April 24

Outlook Perekonomian Indonesia 2023, Presiden Instruksikan Menteri ATR/BPN Mereformasi Struktural

Outlook Perekonomian Indonesia 2023, Presiden Instruksikan Menteri ATR/BPN Mereformasi Struktural
* Presiden Jokowi hadiri acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023 di Ballroom Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, pada Rabu (21/12/2022). (Foto: Humas Kemen ATR/BPN)

Obsessionnews.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto menghadiri acara Outlook Perekonomian Indonesia 2023 “Resiliensi Ekonomi Melalui Transformasi Struktural” di Ballroom Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, pada Rabu (21/12/2022).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo yang sekaligus memberikan pengarahan terkait kondisi ekonomi Indonesia belakangan ini. Situasi ekonomi yang dihadapi saat ini bukanlah situasi yang mudah. Maka dari itu, Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada para menteri, termasuk Menteri ATR/Kepala BPN untuk berani mereformasi struktural agar hal-hal yang membahayakan makro ekonomi bisa segera ditangani.

Jokowi juga mengimbau agar kemampuan domestik terus digarap. Ia melarang agar tidak terlalu banyak aset-aset milik negara, menjadi aset-aset yang tidak produktif. Jika kementerian memberi izin kepada swasta atau BUMN untuk mengelola lahan atau aset, namun dalam jangka waktu cukup lama dibiarkan, maka ia akan memerintah menteri tersebut mencabut izin pengelolaannya. Kemudian, akan diberikan izinnya kepada yang memiliki kemampuan, sehingga lahan itu menjadi lahan produktif.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia ini diharapkan dapat menjadi forum untuk menyosialisasikan dan mendiskusikan isu strategis serta kebijakan. Khususnya, untuk meningkatkan kesiapan seluruh sektor dan faktor ekonomi dalam menghadapi tantangan multidimensi tahun 2023. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.