Jumat, 26 April 24

Arsenal Lolos ke Perempat-final Liga Eropa

Arsenal Lolos ke Perempat-final Liga Eropa
* Arsenal 3-1 AC Milan

Arsenal berhasil dua kali menekuk AC Milan, akhirnya mengantarkan The Gunners maju ke perempat-final Liga Europa 2018.

Penalti kontroverial Danny Welbeck mewarnai torehan sepasang golnya ketika Arsenal kembali mengalahkan AC Milan 3-1 di leg kedua, yang berarti klub Liga Primer Inggris itu unggul 5-1 secara agregat untuk menapaki babak perempat-final Liga Europa.

Sempat dikira akan bangkit dengan mampu unggul duluan, pada akhirnya AC Milan kembali menyerah dari Arsenal dengan skor 3-1.

Memimpin 2-0 dari leg pertama di San Siro, tim asuhan Arsene Wenger ini harus mendapati kebobolan terlebih dahulu. Sepuluh menit sebelum istirahat, Hakan Calhanoglu membuat gol indah, yang tampaknya memberi sinyal kebangkitan bagi Rossoneri.

Akan tetapi, momentum klub Serie A Italia itu sirna ketika asisten wasit menuding Ricardo Rodriguez membuat pelanggaran pada Welbeck karena adanya kontak fisik di kotak terlarang.

Setelahnya, mental Milan perlahan jatuh. Kiper andalan mereka, Gianluigi Donnarumma, kemudian membuat kesalahan yang lantas memudahkan terciptanya gol lanjutan The Gunners.

Sebagaimana saat melewati hadangan tim medioker dari Swedia, Osterfunds, yang mampu membuat kejutan dengan unggul duluan di Emirates, hal itu kembali terulang saat Arsenal menjamu Milan.

Laskar Arsene Wenger harus kehilangan Laurent Kosicleny sejak menit ke-11 lantaran mengalami cedera. Calum Chambers pun diturunkan, akan tetapi perubahan itu justru membuat tim tamu mendapat angin segar.

Sepuluh menit sebelum paruh pertama rampung, Calhanoglu mendapatkan ruang tembak dan dengan ambisiusnya, dia melepas tembakan keras menuju pojok gawang, yang tak kuasa dicegah kiper David Ospina.

Alih-alih Milan bangkit, tuan rumah tidak menunjukkan kepanikan sedikit pun. Arsenal meresponsnya dengan baik ketika tembakan Aaron Ramsey masih bisa diselamatkan Donnarumma, akan tetapi sejurus kemudian Welbeck unjuk gigi.

Wasit menghadiahkan penalti untuk Arsenal beberapa saat sebelum babak pertama rampung setelah Rodriguez dinyatakan membuat pelanggaran terhadap penyerang Inggris itu dalam adu fisik di kotak terlarang. Welbeck yang maju sebagai eksekutor penalti, menjalankan tugasnya dengn sempurna. Skor sama kuat 1-1.

Di babak kedua, Wenger menarik Mohamed Elneny untuk memberikan kesempatan bagi Henrikh Mkhitaryan. Kehadiran nama terakhir memberi warna lain di lini tengah Arsenal. Xhaka bermain lebih leluasa di depan dan sukses mencetak gol dari tembakan yang semestinya bisa diatasi Donnarumma. Namun, alih-alih menangkap si kulit bulat, sang kiper malah mendorongnya masuk ke gawang sendiri secara tidak sengaja.

Terakhir, Arsenal memantapkan keunggulan melalui gol kedua Welbeck. Umpan silang Jack Wilshere mampu dilanjutkan Aaron Ramsey dengan sentuhan ringan dan masih dapat digagalkan Donnarumma. Namun, bola rebound lalu disambar Welbeck untuk membawa Arsenal menang dengan skor meyakinkan, 3-1. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.