Selasa, 30 November 21

ODI Sistem Baru Pertamina, Ketahuan Jika Ada Tangki BBM ‘Kencing’

ODI Sistem Baru Pertamina, Ketahuan Jika Ada Tangki BBM ‘Kencing’

Bandung, Obsessionnews – Salah satu fitur yang dikembangkan PT Pertamina Patra Niaga, adalah Fitur Online Tracking Delivery (ODI) yang telah terintegrasi dengan pesawat Global Positioning System (GPS) sehingga posisi dan kecepatan Mobil Tangki dapat dipantau.

Seluruh Fitur terbarukan ini diakses secara online dengan nama New Version of Integrated Fleet Management Information yang diluncurkan hari ini, Senin (13/4), di Tempat Bahan Bakar Minyak (TBBM) Ujungberung Bandung.

Direktur Pemasaran PT. Pertamina (Persero) Ahmad Bambang  menjelaskan, peluncuran ini bertujuan agar tidak ada lagi losses atau kebocoran diakibatkan penguapan termasuk didalamnya ‘kencing’ tangki di ruas jalan. “Yang namanya benda cair pasti ada losses, meskipun jumlahnya hanya sedikit,” ujarnya.

Ahmad Bambang
Ahmad Bambang

Dengan alat tersebut diharapkan losses dapat berkurang hingga angka terkecil, yakni 0,59 persen.Alat tersebut diterapkan dalam pengelolaan distribusi BBM dengan mobil tangki dari TBBM ke SPBU. “Salah satu TBBM yang  menerapkan sistem terintegritas ini adalah TBBM Ujungberung yang merupakan TBBM tercanggih saat ini,” papar Ahmad.

Teknologi yang digunakan adalah Terminal Automation (TAS) New Gantry System, sehingga diwaktu yang akan datang sistem modern ini akan diimplementasikan di seluruh wilayah TBBM PT. Pertamina dibawah tata kelola PT. Pertamina Patra Niaga.

“Lihat saja oleh anda pengisian bahan bakar ini tidak melibatkan awak mobil tangki, semuanya serba komputer, sehingga mempercepat pekerjaan,” paparnya.

Ahmad Bambang
Ahmad Bambang

Penerapan sistem ini juga menciptakan efisiensi bagi perusahaan sehingga mampu mengoptimalkan profit. Fitur dalam distribusi terintegrasi ini adalah Fit to Work digunakan memantau kondisi Awak Mobil Tangki (AMT) yang akan melakukan pengiriman BBM dengan menjalani pemeriksaan kesehatan mulai dari tensi darah, kadar alkohol sampai tingkat konsentrasi.

Fitur Maintenance digunakan untuk sistem pemeliharaan Mobil Tangki (MT) agar sesuai dengan standar perawatan berkala mulai dari oli, mesin sampai ban.

Fitur Finger Ready digunakan untuk mengoptimalkan kedisiplinan dan kinerja AMT yang berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja dengan tujuan mencapai target safe operation, zero incident and service excellence.

Fitur Autoshipment dan Scheduling Control yang akan melakukan validasi pengiriman secara otomatis dimana penggandengan atau pemasangan MT serta loading Order atau pemesanan produk tidak lagi dilakukan oleh petugas dispatcher.

Gema
Gema

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Direktur Operasional PT. Pertamina Patra Niaga Gema Iriandus Pahalawan yang menyebutkan program ini akan diterapkan di 1400 mobil tangki di seluruh Indonesia sementara ini baru 140 mobil tangki.

“Dengan sistem ini biasanya para awak tangki bekerja sampai pukul 20.00 namun saat ini hanya sampai pukul 16.00 wib”, ucap Gema.

Selain Gema hadir pula Corporate Communications & CSR Pertamina Patra Niaga Jossiana E. Wullur.

Peluncuran New Version of Integrated Fleet Management Information juga sudah diterapkan di Jakarta, Bandung, Semarang, Manado dan menyusul kota lainnya. (Dudy Supriyadi)‬

Related posts

1 Comment

  1. Pingback: odi.patraniaga.com - ViceBlogger

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.