Jumat, 27 Mei 22

Momentum HUT ke-63 LVRI, Milenial Diingatkan Hargai Perjuangan Veteran

Momentum HUT ke-63 LVRI, Milenial Diingatkan Hargai Perjuangan Veteran
* LVRI menggelar upacara di TMP Kalibata. (Foto: dok Suara Merdeka)

Jakarta, Obsessionnews.com – Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) genap berusia 63 tahun. Para veteran memperingati hari lahirnya organisasi tersebut dengan melakukan upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Ketua Umum DPP Pemuda Panca Marga (PPM), Berto Izaak Doko mengatakan bahwa dalam memperingati HUT LVRI ke-63 ini menjadi momentum penting bagi LVRI untuk mengingatkan kembali generasi milenial akan perjuangan para veteran.

“Mereka (veteran) yang wajib mendapat apresiasi sangat tinggi atas perjuangannya melawan penjajah. Bukan sekadar menjadi saksi sejarah, tetapi mereka dengan tanpa ragu berada di garda depan angkat senjata merebut kemerdekaan,” tandasnya dalam siaran pers, Sabtu (4/1/2020).

Ketua PPM Mada DKI Jakarta Robin Simangunsong beserta pengurus lainnya memberikan bantuan kepada korban banjir di Pancoran, Jaksel. (Foto: dok PPM). 

Ia menilai masih banyak pejuang yang belum mendapatkan penghargaan dan penghidupan layak. Meski tak dipungkiri, pemerintah telah memberikan perhatian dengan meningkatkan dana kehormatan veteran, namun dirasakan belum cukup untuk kebutuhan sehari-hari para veteran.

Ketua PPM Mada DKI Jakarta Robin Simangunsong menambahkan bahwa dirinya beserta pengurus inti Mada DKI Jakarta telah menyiapkan beberapa program untuk mendukung para veteran. Di antaranya Fun Run, dan bakti sosial.

“Di tahun 2020, PPM Mada DKI berencana mengadakan kegiatan Indonesian Veteran Run 2020 perdana untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat hidup sehat dan semakin dekat dengan veteran melalui temu jumpa dan olahraga bersama para para pejuang kemerdekaan sekaligus berdonasi untuk veteran,” ujarnya.

Kegiatan baksos pengurus PPM Mada DKI Jakarta sudah dilakukan di Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Mereka menyalurkan bantuan kepada warga yang menjadi korban banjir. Baksos dilakukan dalam rangkaian peringatan HUT LVRI.

HUT LVRI ke-63

Foto bersama usai upacara peringatan HUT LVRI ke-63 di TMP Kalibata. (Foto: dok PPM)

Untuk diketahui upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan dalam rangka Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) genap berusia 63 tahun berlangsung di tengah situasi banjir yang sedang mengepung Ibukota.

Ketua PPAU Marsekal TNI Purn Djoko Sujanto ikut hadir dalam kegiatan tersebut, bersama 600 peserta lainnya yang terdiri anggota Veteran se DKI Jakarta, Pemuda Panca Marga (PPM), Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD), dan Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara, (PPAU).

Hadir juga dari Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL), Persatuan Purnawirawan Polri, Persatuan Purnawirawan ABRI (Pepabri), Direktur Veteran Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Hariyadi, serta sejumlah undangan lain.

Ketua Umum DPP LVRI Mayjen TNI Purn Saiful Sulun mengatakan di tengah derasnya arus budaya global dan bergesernya nasionalisme di kalangan generasi milenial, LVRI berharap bisa ikut berperan mencetak generasi penerus yang tetap cinta Tanah Air.

Sejak 2012 LVRI dengan keterbatasannya terus melakukan sosialisasi JSN’45 kepada generasi penerus. Mulai dari tingkatan pendidikan dasar, pendidikan tinggi, hingga  organisasi kemasyarakatan, telah diberikan pemahaman soal pentingnya JSN’45.

“Kerjasama juga kami lakukan dengan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pendidikan Nasional, dan sejumlah kepala daerah di Jawa Barat dan Jawa Timur,” ucap Saiful yang juga mantan Wakil Ketua MPR RI itu. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.