Jumat, 26 April 24

Messi Resmi Gabung Inter Miami, Barca Kecewa Meski Paham

Messi Resmi Gabung Inter Miami, Barca Kecewa Meski Paham
* Lionel Messi. (Getty/GOAL)

Ternyata Lionel Messi akhirnya resmi bergabung dengan klub Inter Miami. Barcelona kecewa meski paham alasannya. Messi mengonfirmasi bahwa dia tidak akan bergabung kembali dengan Barca musim panas ini dan memilih untuk pindah ke klub di Amerika Serikat (AS) itu.

Dilansir goal.com, Kamis (8/6/2023), Messi memutuskan hijrah ke Major League Soccer (MLS), AS. La Pulga tidak pulang kembali ke Barca, tim Catalan pun mengeluarkan pernyataan resmi terkait keputusan sang megabintang tersebut.

Barca telah merilis pernyataan resmi terkait keputusan Messi, yang memilih untuk hijrah ke MLS bersama Inter Miami alih-alih menerima tawaran tim Catalan.

“Pada hari Senin, 5 Juni, Jorge Messi, ayah dan perwakilan sang pemain, memberitahu Presiden Klub Joan Laporta tentang keputusan sang pemain untuk bergabung dengan Inter Miami, meskipun telah diajukan proposal dari Barca, dengan mempertimbangkan keinginan dari FC Barcelona dan Lionel Messi untuk sekali lagi memakai jersey Blaugrana,” bunyi pernyataan dalam laman resmi klub.

“Presiden Laporta memahami dan menghormati keputusan Messi yang ingin bersaing di liga dengan tuntutan lebih sedikit, jauh dari sorotan dan tekanan yang dialaminya dalam beberapa tahun terakhir.”

“Baik Joan Laporta dan Jorge Messi juga setuju untuk bekerja sama untuk mempromosikan penghargaan yang layak dari penggemar Barca untuk menghormati pesepak bola yang telah, sedang dan akan selalu dicintai oleh Barca.”

Setelah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya di Paris Saint-Germain (PSG), Messi sebenarnya paling erat dikaitkan dengan kepulangannya ke Camp Nou, dengan Barca juga telah mengajukan tawaran resmi. Tetapi, pemenang Piala Dunia tersebut pada akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Eropa dan bermain di Inter Miami, AS .

Tentu saja, ini menjadi akhir yang mengecewakan dari saga transfer Messi untuk Barca, dan mereka kini akan mengejar target lain demi terus meraih kesuksesan di musim depan.

Ini Alasan Messi Tolak Barca
Lionel Messi mengungkap sebenarnya ingin pulang ke Barcelona, tetapi juga mengaku trauma setelah melalui perpisahan menyakitkan di 2021.

“Sebenarnya ingin kembali, tapi…,”  Messi ungkap alasan tolak Barca demi Gabung Inter Miami.

Messi telah resmi diumumkan hijrah ke klub MLS Inter Miami menjelang akhir kontraknya di PSG. Banyak yang menduga peraih tujuh Ballon d’Or ini kembali ke klub masa kecilnya, Barcelona, musim panas ini.

Tetapi setelah terpaksa meninggalkan Camp Nou pada 2021 karena Barca mengalami krisis finansial, Messi mengaku sudah tak ingin berada di situasi itu lagi.

Messi berbicara kepada Mundo Deportivo: “Saya ingin kembali, saya sangat senang membayangkan bisa kembali, tetapi setelah melalui apa yang saya alami dan pergi dengan cara seperti itu, saya tak ingin berada di situasi yang sama lagi: dibikin menunggu soal apa yang akan terjadi dan menyerahkan nasib saya kepada pihak lain.”

“Saya ingin mengambil keputusan saya sendiri, memikirkan diri saya sendiri, keluarga saya. Saya mendengar La Liga sudah menyetujui segalanya dan segalanya sudah tak masalah sehingga saya bisa kembali, tetapi saya juga mendengar masih ada banyak hal lain yang harus dilakukan.”

“Saya dengar mereka masih harus menjual pemain atau menurunkan gaji pemain dan sejujurnya saya tak ingin melalui itu lagi, atau bertanggung jawab menyelesaikan sesuatu yang terkait itu semua. Saya sudah mendapat banyak tuduhan tidak benar sepanjang karier saya di Barcelona dan sudah agak capek dengan itu, saya tak ingin melaluinya lagi.”

“Meski saya akan sangat senang [jika pulang ke Barca], saya tak bisa. Saya juga berada pada momen di mana saya ingin tak menjadi sorotan, lebih memikirkan keluarga. Seperti yang saya bilang, saya menghabiskan dua tahun yang sangat buruk dalam hal keluarga dan saya tak bisa menikmatinya. Ada bulan yang spektakuler karena memenangkan Piala Dunia, tetapi selain itu, [dua tahun terakhir] adalah masa yang berat untuk saya.”

Barca mencoba memulangkan Messi tetapi lagi-lagi pergerakan mereka terbatas di musim panas ini, karena harus mengurangi beban gaji, situasi yang akhirnya membuat transfer La Pulga gagal terwujud.

Transfer Messi ke Miami adalah kabar yang mengguncangkan sepak bola dunia, AS,  dan Miami itu sendiri. Messi memilih Miami dan menolak klub Arab Saudi Al-Hilal meski tawaran mereka akan menjadikan dirinya pemain dengan gaji paling tinggi dalam sejarah sepak bola, melebihi Cristiano Ronaldo.

Ia menambahkan: “Kalau cuma soal uang, saya tentu akan lebih memilih Arab [Saudi] atau ke tempat lain. Buat saya itu uang yang banyak sekali. Tapi kenyataannya keputusan akhir saya adalah berlabuh di tempat lain, dan alasannya bukan karena uang.”

Transfer Messi ke Inter Miami sudah resmi diumumkan. Ia bisa melakoni debutnya di kompetisi Leagues Cup yang baru terbentuk itu pada 21 Juli, di mana Miami akan menghadapi klub Meksiko, Cruz Azul. (GOAL/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.