Kamis, 2 Mei 24

Messi dan Barca Ubah Wajah Sepakbola

Messi dan Barca Ubah Wajah Sepakbola
* Lionel Messi.

Barcelona – Gheorghe Hagi menilai sepakbola tidak akan seperti sekarang ini jika tanpa keberadaan Lionel Messi dan Barcelona. Menurutnya, Messi dan Barcelona telah mengubah wajah sepakbola untuk selamanya.

Legenda Rumania ini menilai Messi dan Barcelona memiliki kontribusi yang luar biasa besar bagi sepakbola.

Barcelona dalam beberapa dekade terakhir ini layak disebut sebagai salah satu klub terbaik di dunia, dimulai sejak era Dream Team pada 1990-an hingga saat ini. Salah satu pemain yang paling krusial dalam sejarah modern Barca adalah Messi, pemenang lima kali Ballon d’Or yang banyak dinilai sebagai pemain terhebat sepanjang sejarah.

Sejak melakoni debut bagi Barca pada 2004, Messi telah menyumbang 29 trofi, termasuk delapan titel La Liga Spanyol dan empat gelar Liga Champions. Meski sang penyerang belum berhasil mempersembahkan gelar bagi timnas Argentina, Hagi tetap memandang pencapaian Messi di level klub sebagai sesuatu yang mustahil ditandingi.

“Messi selalu mendapat dukungan dari rekan setim yang hebat di belakangnya. Dia beruntung bisa berada di sebuah tim dengan 20 pemain yang luar biasa. Messi dan Barcelona telah mengubah sepakbola selamanya,” ungkap Hagi kepada Omnisport, Selasa (20/12).

“Dahulu, Barcelona bermain sangat pragmatis dan simpel, kini mereka bermain lebih rumit dan menggunakan banyak teknik. Yang terpenting dalam taktik Barcelona adalah pikiran, talenta, dan teknik dari para pemain,” imbuhnya.

Hagi juga menceritakan pengalamannya dilatih oleh legenda Barcelona dan Belanda, Johan Cruyff, yakni ketika ia berkarier di Camp Nou pada 1994 hingga 1996.

“Saya belajar banyak darinya. Sebuah kehormatan pernah dilatih olehnya, yang merupakan idola masa kecil saya. Pemikirannya soal sepakbola dan cara dia melatih sangat membekas pada saya,” terangnya. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.