Sabtu, 27 April 24

Menteri Susi Ajukan Rp900 M untuk Beli Pesawat Patroli Laut

Menteri Susi Ajukan Rp900 M untuk Beli Pesawat Patroli Laut

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, mengajukan penambahan anggaran sebesar Rp 900 miliar. Anggaran tersebut rencananya akan dialokasikan untuk pembelian 6 pesawat patroli‎ laut.

Hal itu disampaikan disela-sela rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI. Rapat membahas mengenai rencana program kerja KKP tahun 2017, dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P 2016).

“Total kita hitung setahun dengan jam kerja 5 hari untuk 6 pesawat biaya hanya Rp 35 miliar, sementara kalau dengan patroli kapal laut dengan jam operasi 3 hari kerja selama 50 jam bisa mencapai Rp 600 miliar,”‎ kata Susi, Selasa (14/6/2016).

Susi menjelaskan penambahan itu bisa dianggarkan dengan sistem multiyears. Menurutnya, partroli menggunakan pesawat lebih menghemat dibanding menggunakan kapal laut. “Penghematan bisa mencapai Rp 500 miliar pertahun,” katanya.

Pengehamatan itu kata dia, bisa dilihat dari pemakaian BBM. Kapal laut bisa mengeluarkan BBM lebih banyak dibanding pesawat. Bila disetujui maka biaya penghematan Rp 500 miliar akan dialihkan untuk pembelian speedboat untuk pengawasan di pulau-pulau kecil.

“Penghematan Rp 500 miliar jadi kita bisa tambah buat beli speedboat. Kemarin saya ke NTT terumbu karang rusak karena bom ikan, setelah ditanya ternyata mereka kurang perahu untuk pengawasan,” jelas Susi.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.