Kamis, 2 Mei 24

Menteri PUPR Pimpin Penutupan Asian Games 2022 di Hangzhou

Menteri PUPR Pimpin Penutupan Asian Games 2022 di Hangzhou
* Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang juga menjabat sebagai Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia, memimpin secara langsung upacara penutupan Asian Games 2022 yang mengesankan di Hangzhou, China, pada Minggu (8/10/2023) malam. (Foto: Kementerian PUPR)

Obsessionnews.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang juga menjabat sebagai Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia, memimpin secara langsung upacara penutupan Asian Games 2022 yang mengesankan di Hangzhou, China, pada Minggu (8/10/2023) malam.

Di acara tersebut, Basuki ditemani oleh Vice CdM Jadi Rajagukguk, Deputi 1 Jovinus Carolus Legawa, Deputi 2 Thomas Setiabudi Aden, dan perwakilan dari Deputi 3 Andi Arini. Upacara penutupan ini dihadiri oleh ribuan penonton yang sangat antusias dari masyarakat Cina, yang memberikan sambutan meriah kepada semua kontingen negara peserta.

Baca juga: Basuki Hadimuljono Sambut Pemimpin ASEAN di KTT Ke-43 ASEAN

Dalam keterangan tertulisnya, dikutip obsessionnews.com, Selasa (10/10/2023), Basuki menyatakan kebanggaannya terhadap penutupan Asian Games 2022 Hangzhou.

“Ini luar biasa menurut saya, antusias masyarakat Cina untuk menghadiri penutupan sangat luar biasa, mereka begitu meriah melepas seluruh kontingen dari negara peserta,” kata Basuki.

Pada acara penutupan tersebut, Tim Indonesia diwakili oleh atlet dan ofisial dari cabang olahraga panahan, karate, dan roller skate, yang semuanya mengenakan seragam kontingen. Pembawa bendera Merah Putih di barisan terdepan adalah karateka Ahmad Zigi Zaresta Yuda.

Zigi yang merupakan peraih medali perunggu di Asian Games 2018, perunggu Islamic Solidarity Games 2021, medali emas SEA Games 2019, 2021, dan 2023, serta medali perak di Asian Championships (2017, 2019, 2021, 2022), mengungkapkan kebahagiannya atas kesempatan tersebut.

“Saya merasa sangat bangga bisa dipercaya menjadi flag bearer di closing ceremony. Ini merupakan kesempatan yang luar biasa buat saya dan saya merasa sangat bersyukur dan tentunya senang banget,” kata Zigi.

Baca juga: Peringatan Hapernas 2023 Basuki Hadimuljono Ziarah ke Makam Bung Hatta

Selama Asian Games 2022 Hangzhou, Tim Indonesia berhasil meraih prestasi yang membanggakan dengan total 36 medali, terdiri dari tujuh medali emas, 11 medali perak, dan 18 medali perunggu. Medali emas diraih dalam cabang olahraga menembak (2), balap sepeda disiplin BMX (1), wushu (1), panjat tebing (1), angkat besi (1), dan dragon boat (1). Sementara itu, medali perak dan perunggu diraih dalam berbagai cabang olahraga seperti dragon boat, sepak takraw, skateboard, dan banyak lagi.

China, sebagai tuan rumah, mendominasi perolehan medali dengan 200 emas, 111 perak, dan 71 perunggu, memenangkan peringkat teratas dalam klasemen medali. Diikuti oleh Jepang, Korea, India, dan Uzbekistan sebagai lima besar negara dengan medali terbanyak.

Selanjutnya, kota Nagoya, Jepang, akan menjadi tuan rumah Asian Games edisi ke-20 pada tahun 2026, menjadikan ini kali ketiga Jepang menggelar Asian Games setelah sebelumnya pada tahun 1958 dan 1994. Dengan prestasi yang luar biasa selama Asian Games 2022 Hangzhou, Tim Indonesia telah meninggalkan jejak prestasi yang membanggakan dan akan menjadi inspirasi bagi generasi masa depan dalam dunia olahraga Indonesia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.