Minggu, 12 Mei 24

Rayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Lima Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mental

Rayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Lima Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mental
* Hari Kesehatan Mental Sedunia (Foto: elements.envato.com)

Obsessionnews.com – Beberapa tahun terakhir isu mengenai kesehatan mental semakin gencar digaungkan di tengah masyarakat. Untuk senantiasa mengingatkan akan pentingnya masalah kesehatan mental ini, World Federation Mental Health Day (WFMHD) pun memprakarsai hadirnya Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Health Mental Day yang diperingati pada 10 Oktober setiap tahunnya.

Tahun ini tema yang diangkat adalah “Mental Health is a Universal Human Right” atau “Kesehatan Mental adalah Hak Asasi Manusia Universal”. Melalui tema tersebut diharapkan masyarakat akan semakin peduli dengan kesehatan mental manusia, dan mulai mengakuinya sebagai bagian dari hak asasi manusia di seluruh dunia.

Sebagai salah satu hal yang penting, kesehatan mental yang baik terbukti mampu membuat seseorang menjadi lebih baik, sejahtera dan lebih mampu melewati banyak rintangan kehidupan. Hal yang sebaliknya, justru akan terjadi bila kondisi kesehatan mental seseorang dalam kondisi yang buruk.

Terdapat banyak cara untuk menjaga kesehatan mental agar tetap dalam kondisi yang baik dan sehat. Berikut lima cara sederhana yang bisa dilakukan.

  1. Memenuhi Kebutuhan Tidur yang Cukup

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI), kekurangan tidur yang berkualitas dapat secara langsung mempengaruhi suasana hati dan memiliki efek psikologis negatif.

Secara kuantitas umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar tujuh hingga delapan jam per malam, sedangkan anak-anak dan remaja membutuhkan sekitar 10 hingga 13 jam agar kesehatan mental dan fisik tetap terjaga.

 

  1. Berolahraga secara Teratur

Selain mampu menjaga kesehatan fisik, olahraga pun ternyata turut bermanfaat bagi kesehatan mental manusia. saat berolahraga produksi serotonin meningkat sehingga kondisi suasana hati, perilaku sosial, kualitas tidur, nafsu makan dan memori semakin terjaga. Beberapa jenis olahraga yang sederhana bisa dilakukan, seperti jalan santai, jogging, atau bersepeda.

 

  1. Menjaga Pola Makan yang Sehat

Nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi terbukti berperan penting bagi kesehatan fisik maupun mental. Hubungan antara pola makan dan emosi berada di hubungan erat antara otak dan saluran pencernaan, hingga perut sendiri kerap kali disebut sebagai “otak kedua”. Maka menjadi penting untuk menjaga pola makan, agar kesehatan mental pun ikut terjaga.

  1. Menjaga Hubungan Sosial dengan Sesama

Sebagai makhluk sosial, secara sadar ataupun tidak seorang manusia membutuhkan hubungan dan sosialisasi dengan orang lain. Oleh karena itu, memiliki dukungan sosial yang baik dan juga kuat dengan sekitar disebut bisa membantu seseorang dari bahaya stres dan mampu menjaga kesehatan mental.

Tak hanya terhubung dengan keluarga, hubungan sosial dengan teman atau komunitas tertentu pun bisa turut membantu agar relasi yang terjalin tak melulu melalui sosial media.

 

  1. Mencari Bantuan Profesional

Jika hal-hal sederhana sebelumnya tidak lagi dirasa bisa membantu, mencari bantuan dari profesional pun bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan mental. Psikolog atau psikiater mampu membantu seseorang untuk lebih mudah mengatasi kesehatan mental dan menemukan cara yang tepat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.