Selasa, 26 Oktober 21

Menperindag Sidak Pasar Induk Gedebage yang Terbakar

Menperindag Sidak Pasar Induk Gedebage yang Terbakar

Bandung, Obsessionnews – Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI Rahmat Gobel inspeksi mendadak (sidak) pasar induk Gedebage Bandung, Selasa (21/7/2015).

Sidak pasar yang kemarin terbakar menghanguskan sedikitnya 200 kios itu didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Walikota Bandung Ridwan Kamil mengelilingi sejumlah kios yang terbakar dan sesekali melihat-lihat kios yang kini sudah rata dengan tanah.

“Kita akan membicarakan dengan pa Wali teknis pembangunannya nanti, karena rencananya akan dibangun pasar tradisional dengan konsep pasar modern,” ujar Rahmat.

Pembangunan pasar modern ini bertujuan agar pelayanan terhadap pembeli lebih maksimal, karena selama ini kondisi yang becek, kotor, sampah yang menumpuk mengakibatkan pengunjung pasar tidak seramai pengunjung pasar modern, bahkan kondisi pasar yang kerapkali terkena imbas banjir ini terlihat kotor dan bau.

Ridwan kamil gedebage

Sementara itu Walikota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan dalam 7 hari kedepan para pedagang pasar yang kiosnya terbakar akan dilakukan relokasi di beberapa kios kawasan pasar tersebut “karena kios yang terbakar ini kan kios sayur, jadi kita upayakan pindah ke beberapa kios yang lain,” ujar Emil.

Emil juga merencanakan adanya pembangunan jangka panjang untuk 14 hektar pasar tersebut, yakni di lantai 1 tetap menjadi pasar tradisional dengan konsep pasar modern dan di lantai 2 menjadi apartemen rakyat yang dihuni para pedagang pasar serta warga kota Bandung lainnya.

“Ini kan ada 14 hektar dan 4 hektar diantaranya ¬†milik PT. Ginanjar sebagai pengembang pasar, sehingga akhir tahun ini gambarnya selesai dan tahun depan mulai dibangun,” tandas Emil.

Rahmat gobel

Diantara pembangunan yang direncanakan terhadap pasar induk Gedebage ini akan dibuat danau seluas 2 hektar untuk mengatasi banjir yang kerapkali merendam pasar tersebut. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.