Minggu, 3 Maret 24

Menparekraf Berharap eKuliner Awards 2023 Dorong Pelaku Kuliner Go Digital

Menparekraf Berharap eKuliner Awards 2023 Dorong Pelaku Kuliner Go Digital
* Menparekraf Sandiaga Uno, (tengah) bersama 10 pemenang pelaku UMKM 'eKuliner Awards 2023' yang digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (30/11). (Foto: Kemenparekraf)

Obsessionnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi penyelenggaraan “eKuliner Awards 2023” yang memberikan penghargaan kepada 10 pelaku usaha ekonomi kreatif (UMKM) subsektor kuliner atas kontribusi dan keberhasilannya dalam meningkatkan peluang usaha dan membangkitkan ekonomi.

Sandiaga di acara “eKuliner Awards 2023” yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (30/11), mengatakan “eKuliner Awards 2023” merupakan ajang yang diinisiasi jasa pengiriman berbasis digital Paxel Indonesia dan didukung Kemenparekraf/Baparekraf.

Penghargaan bergengsi ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak pelaku subsektor kuliner untuk go digital.

“Sebanyak 10 pemenang ‘eKuliner Awards 2023’ sudah diumumkan, mudah-mudahan ini bisa mendorong pergerakan UMKM kita ke arah digital,” tutur Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, subsektor kuliner menjadi salah satu lokomotif kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional.

“Berdasarkan data, 34 persen alasan wisatawan nusantara mengunjungi suatu daerah karena kulinernya. Oleh karena itu kita menghadirkan melalui kolaborasi dengan Paxel agar kuliner daerah bisa dinikmati di mana pun kita berada di wilayah Nusantara,” ujar Menparekraf.

“eKuliner Awards 2023” juga diharapkan dapat mendukung “Indonesia Spice Up the World” yang merupakan program pemerintah dalam upaya meningkatkan pemasaran produk bumbu atau pangan olahan dan rempah Indonesia, terutama untuk pasar Afrika, Australia, dan negara potensial lainnya.

Indonesia Spice Up The World pun diharapkan mampu mengembangkan dan menguatkan restoran Indonesia di luar negeri, atau sebagai bagian dari gastrodiplomasi restoran. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan ekspor pangan olahan, terutama bumbu rempah.

“Saya sangat menginginkan kuliner-kuliner Indonesia mendunia, saya melihat di beberapa negara sangat serius menggarap kulinernya agar bisa mendunia, sebut saja Thailand dan Vietnam. Oleh karena itu, saya ingin Paxel dan para pengusaha kuliner ini bersemangat tidak hanya menjadikan kuliner lokal tuan rumah di negeri sendiri tapi juga bisa jadi juara di mancanegara,” kata Sandiaga.

Co founder Paxel Zaldy Ilham Masita mengatakan “eKuliner Awards 2023” menjaring 50 nominee dengan 10 kategori yang dirilis di antaranya adalah Juara eKuliner Nasional, Juara eKuliner Jabodetabek, Juara eKuliner Jawa Barat Kota Besar, Juara eKuliner Jawa Tengah Kota Besar, Juara eKuliner Jawa Timur Kota Besar, Juara eKuliner Jawa Barat Kota Lainnya, Juara eKuliner Jawa Tengah Kota Lainnya, Juara eKuliner Jawa Timur Kota Lainnya, Juara eKuliner Bali dan Makassar, serta Juara eKuliner Pulau Sumatera.

Sebanyak 10 pemenang dipilih berdasarkan jumlah pengiriman terbanyak menggunakan Paxel sepanjang periode Januari hingga Oktober 2023 dengan total lebih dari 300 ribu UMKM Kuliner Online dari Pulau Jawa, Bali, Makassar dan Sumatera yang terlibat.

“Harapan kita dengan apresiasi ini bisa memberikan motivasi lagi buat pelaku UMKM yang lain supaya bisa jadi contoh, termasuk yang menang bisa sharing pengalaman ke pelaku UMKM lain sehingga mereka dapat motivasi tambahan untuk berkembang,” kata Zaldy.

Turut hadir mendampingi Menparekraf, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/ Baparekraf, Dwi Marhen Yono. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.