Jumat, 24 Mei 24

Menkumham Sebut Video Anak-anak Bakar Paspor, Bentuk Provokasi ISIS

Menkumham Sebut Video Anak-anak Bakar Paspor, Bentuk Provokasi ISIS

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyayangkan munculnya video pembakaran paspor dan latihan militer anak-anak yang diduga dilakukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) beredar di dunia Maya. Ia pun meminta polisi mengusut kasus tersebut.

“Tidak mungkin ada anak-anak datang dengan sendirinya. Pasti ada yang memotivasi dari belakang,” kata Yasonna di Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Beredarnya video tersebut dinilai mempunyai tendensius. Pertama menurut Yasonna, karena pelaku ingin menunjukkan ketidaksukaan terhadap Indonesia. Kedua, untuk memprovokasi masyarakat Indonesia.

“Nanti pasti kami minta ke polisi meneliti dulu apakah ada alasan ideologis seperti ISIS atau hal-hal lain mengenai itu,” ujar Yasonna,

Sebelumnya, sebuah video yang menampilkan kelompok yang diduga ISIS kembali diunggah di media sosial. Video tersebut menayangkan puluhan bocah yang dilibatkan kelompok teror tersebut.

Anak-anak itu mengenakan baju loreng tentara, dan membakar paspor Indonesia. Terdapat lambang bendera ISIS di pojok kanan tayangan video tersebut. Tak hanya senjata laras pendek, tubuh kecil mereka juga dilatih untuk menopang senjata laras panjang. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.