Sabtu, 27 April 24

Menkop Siap Dukung Pemda Kembangkan  Lima Produk Destinasi Wisata

Menkop Siap Dukung Pemda Kembangkan  Lima Produk Destinasi Wisata
* Teten Masduki dalam kunjungan kerjanya di Parapat, Simalungun Sumut. (Foto: dok Humas Kemenkop UKM)

Simalungun, Obsessionnews.com — MenkopUKM Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Parapat Kabupaten Simalungun  Provinsi Sumatera Utara. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyiapkan Parapat sebagai pendukung destinasi wisata Danau Toba.

“Kami mendapat tugas dari Presiden untuk  menyiapkan lima produk wisata yang  banyak melibatkan  UMKM, salah satunya adalah homestay, dan di Parapat ini homestay sangat potensial sebagai bagian dari destinasi wisata Danau Toba,” ujar MenkopUKM Teten Masduki, dalam kunjungan kerjanya di Parapat, Simalungun Sumut, Selasa (25/8).

MenkopUKM memaparkan, selain homestay, produk wisata lain yang disiapkan adalah kuliner, oleh-oleh, wisata alam dan supply terhadap kebutuhan keempat produk wisata itu. Ia menilai dalam dialog dengan pelaku UMKM di Parapat, sudah ada perkembangan yang bagus.

“Pendekatan pasar dari UMKM disin sudah cukup bagus, market disini adalah menengah kebawah, sehingga harga produk UMKM seperti sovenir, restoran atau cafe juga   menyesuaikan sesuai yang bisa terjangkau oleh pasar atau para wisatawan,” kata MenkopUKM.

Teten menyarankan untuk ke depan masyarakat di sekitar Parapat bisa menyediakan satu atau dua kamar sebagai homestay sehingga, masyarakat juga bisa menikmati dampak positif dari perkembangan pariwisata khususnya di Danau Toba. 

“Saya juga menyarankan agar mereka para pemilik homestay untuk berkoperasi sehingga pendampingan dan pembinaan dari pemerintah akan lebih mudah,” ujarnya.

Estate Manajemen

Lebih lanjut Teten mengatakan untuk bisa menjadikan satu tempat sebagai destinasi wisata yang maju, juga diperlukan kerjasama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah (Pemda).

“Tentu kita butuh kerja sama itu. Di Parapat ini menurut saya keterlibatan Pemda dalam estate manajemen saya kira perlu. Misalnya bagaimana penataan UMKM, tempat kuliner, arus lalu lintas dan sebagainya sehingga wilayah ini bisa menjadi destinasi wisata yang menarik,” kata Teten.

MenkopUKM menjanjikan pihaknya dan juga Kementerian/Lembaga di Pusat  akan mendukung Pemda dalam memajukan destinasi wisata di wilayahnya masing-masing khususnya di Parapat ini.

“Kami  mungkin bisa membantu dari segi pelatihan SDM supaya benar benar penduduk Parapat ini bisa lebih bagus lagi dalam mengelola destinasi wisata. Kami juga akan mengajak Kementerian lain seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian BUMN untuk mensupport Pemda dalam mengelola destinasi wisata,” janji Teten. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.