Rabu, 20 Oktober 21

Menkop Beri Pelatihan Calon Wirausaha di Papua

Menkop Beri Pelatihan Calon Wirausaha di Papua

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengakui masyarakat Papua memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tidak kalah dengan provinsi lain di Indonesia. Untuk itu Menkop ingin mendorong tumbuhnya wirausaha di sana.

“Kami siap memfasilitasi dan membekali masyarakat Papua dengan beragam pelatihan yang diperlukan untuk merintis wirausaha,” ujar Puspayoga melalui pesan elektroniknya kepada Obsessionnews, Minggu (26/7/2015).

Kemenkop dan UKM sedang menggalang pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM bagi masyarakat Papua. Pelatihan untuk calon wirausaha baru tersebut disesuaikan dengan potensi dan kearifan lokal masyarakat setempat.

“Realitas ini merupakan refleksi dari keinginan masyarakat Papua untuk maju secara ekonomi, dan pada akhirnya nanti meningkatkan perekonomian Indonesia. Ini luar biasa,” kata Puspayoga seraya menyebut dirinya tengah berada di Papua.

Salah satu titik pelatihan yang dilakukan berada di Distrik Muara Tami. Menurut pria asal Bali itu, masyarakat diajarkan bagaimana cara pengelolaan ikan bandeng, pembuatan es krim, pembuatan sari kelapa, Daur Ulang Sampah, dan pembuatan pupuk.

“Karena ini yang dibutuhkan masyarakat, dan ini yang akan diperhatikan. Kita tidak mengakomodasi yang tidak dibutuhkan masyarakat,” ucap dia.

Menkop Puspayoga berharap pelatihan ini segera diimplementasikan sehingga masyarakat yang terlibat akan mendapat manfaat, yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan ekonomi keluarganya.

“Selesai mengikuti pelatihan ini, peserta harus bisa berinovasi agar memberi dampak ekonomi lebih besar bagi keluarga,” paparnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.