Senin, 6 Mei 24

Mengharukan! Dengan Berat Hati Messi Terpaksa Tinggalkan Barca

Mengharukan! Dengan Berat Hati Messi Terpaksa Tinggalkan Barca
* Lionel Messi. (rtr/indiatoday)

Mengharukan memang. Di lubuk hati Lionel Messi, sang megabintang ini masih tetap ingin bertahan di Barcelona dan tidak ingin pindah dari klub yang dicintainya selama 21 tahun ini. Maklum, Messi memiliki kisah historis dengan klub Catalan tersebut. La Pulga tumbuh, berkembang, dan berjaya bersama Barca.

Namun, dengan berat hati jawara sepakbola ini akhirnya terpaksa menyudahi masa baktinya pada tahun ini di klub yang membesarkannya tersebut.

Kisahnya, sejak awal Barca yakin Messi mempunyai bakat yang sangat istimewa di sepakbola. Oleh karena itu, Blaugrana memberikan bantuan berupa pengobatan terhadap sindrom yang diderita Messi hingga ia sembuh dan normal seperti rekan-rekannya yang lain.

Seperti dilansir goal.com, ada kisah historis Messi yang kini memutuskan angkat kaki dari klub yang membesarkan namanya hingga ke penjuru dunia. Hubungan romansa antara Barcelona dan Messi terjalin bak kisah dari negeri dongeng, banyak rintangan dan cibiran, namun terkesan manis dan memabukkan.

Sejarah dimulai pada tahun 2000 melalui sebuah video berlatar di kota kecil Argentina yang memperlihatkan Messi kecil juggling bola tenis sebanyak 120 kali, dan jeruk sebanyak 113 kali tanpa jatuh satu kalipun. Messi yang saat itu masih berusia 13 tahun, serta dihantui masalah hormon pertumbuhan yang menghambat fisiknya berkembang justru membuat Barca jatuh cinta. Kakek nenek Messi yang tinggal di Catalunya meyakinkan petinggi klub Barca untuk merekrut cucunya sekaligus membantu pengobatan Messi. Barca setuju dan menawarkan jaminan pengobatan untuk Messi, setelah klub masa kecilnya, Newell’s Old Boys tak lagi menyanggupi.

Kini, Messi tumbuh menjadi pesepakbola tersohor yang segala aksinya dinanti jutaan pasang mata. Paduan Messi dan Barcelona begitu ikonik, juga ciamik. Bahkan orang yang tak paham sepakbola pun tahu apa hubungan sang superstar dengan Barca. Bagaimana jersey nomor 10 dengan corak biru merah yang bertuliskan namanya banyak dijumpai sebagai seragam kebanggaan anak-anak yang bermain sepak bola di gang sempit. Dirinya kerap hadir sebagai role model bagi mereka yang sedang menabur mimpi mengikuti jejak sang idola, juga sebagai menjadi alasan menyukai klub asal Spanyol itu.

Selama jalinan 17 tahun kariernya bersama Blaugrana, Messi berhasil merengkuh 10 gelar La Liga, masing-masing tujuh trofi Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, empat piala Liga Champions, serta Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub sebanyak tiga kali. Kemampuan individunya acap kali mendobrak standar permainan La Liga, berdasarkan data Transfermarkt hingga akhir masa baktinya, Messi tetap menjadi top skor terbanyak sepanjang masa dengan raihan 474 gol dalam 520 pertandingan.

Di level klub Messi menahbiskan dirinya sebagai pemegang rekor gol terbanyak sepanjang sejarah Barcelona dengan 672 gol. Ratusan gol-gol indah yang ia ciptakan jarang membuat fansnya kecewa, misalnya saja gol yang tercipta dari aksi solo run pada pertandingan kontra Getafe di ajang Copa del Rey pada 2007 silam. Saat itu usianya masih 20 tahun, tapi Messi sudah disandingkan dengan nama besar seperti Diego Maradona, karena gol tersebut seolah “menjiplak” gol milik legenda Argentina tersebut.

Presiden Barcelona Joan Laporta menjelaskan alasan di balik gagalnya pembaruan kontrak Messi. Ia menjelaskan faktor-faktor yang penyebab kepergian sang legenda dari Camp Nou. Padahal, Blaugrana dilaporkan nyaris meresmikan kontrak baru Messi, setelah sang pemain akhirnya setuju untuk bertahan di Catalunya.

Namun, kesulitan finansial harus mengakhiri negosiasi tersebut. Keinginan kedua belah pihak untuk saling rujuk terbukti tak cukup. Kini salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa itu harus bersiap meninggalkan klub yang ia bela sejak usia remaja. “Leo ingin bertahan di Barca. Kami ingin ia bertahan,” ujar Laporta dalam konferensi pers.

 

Mengapa Barca Tak Bisa Perpanjang Kontrak Messi?
Blaugrana mesti menaati batasan gaji yang berlaku di La Liga, dan itu membuat mereka tak bisa mendaftarkan rekrutan anyar sekaligus memperbarui masa bakti La Pulga. “Besaran gaji kami 110 per sen dari total pendapatan klub, kami tak memiliki margin soal gaji.”

“Peraturan La Liga Spanyol diatur oleh Financial Fair Play dan kami tidak memiliki margin.”

“Kami sudah mengetahuinya saat tiba di klub, tapi ternyata angkanya lebih buruk daripada yang dipresentasikan ke kami. Itu artinya kerugian kami lebih parah daripada yang diprediksi.”

“Biaya yang kami keluarkan lebih besar daripada yang kami prediksi dan dengan kontrak yang sekarang, kami memiliki besaran gaji yang luar biasa membengkak.”

“Ini semua berkaitan dengan fair play. La Liga tidak mengikuti kriteria tunai, itulah mengapa kami tak bisa membayar kontrak pertama yang kami sepakati dengan Leo Messi.”

“Demi mematuhi fair play, Barca harus menyetujui kesepakatan yang akan mempengaruhi klub hingga 50 tahun ke depan soal hak siar. Itu artinya, kami tak bisa membuat keputusan yang akan mempengaruhi klub hingga 50 tahun ke depan.”

“Klub ini usianya lebih dari 100 tahun dan di atas segalanya – bahkan pemain terbaik dunia sekalipun. Kami akan selalu berterima kasih atas segala yang ia lakukan bagi kami. Klub lebih penting dari pemain, dan presiden.”

“Kami sempat ingin mengambil risiko itu. Kami sadar situasi yang sebenarnya di klub, dan kami akan sangat membahayakan klub.”

“Besaran gaji adalah faktor utama yang menyebabkan situasi penuh bencana ini, dan itu gara-gara dewan yang sebelumnya. Memutus kontrak yang ada sekarang juga berisiko. Kami tak bisa menghancurkan klub.”

 

Prestasi Messi di Barcelona
Lionel Messi telah menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepakbola dunia. Goal meninjau semua rekor, gelar, gol, assist, dan penghargaan yang telah dikumpulkan oleh mega bintang asal Argentina ini sepanjang kariernya.

Pemain internasional Argentina tersebut telah dikaitkan dengan Barcelona seumur hidup, klub di mana dia telah memecahkan hampir semua rekor dan telah memenangkan semua gelar dalam lebih dari 15 tahun sejak dia melakoni debut profesionalnya, tetapi pada musim panas ini, klub telah mengumumkan bahwa Messi akan pergi.

Karier La Pulga di Barca sangat luar biasa, dengan dia memuncaki daftar pencetak gol dan caps terbanyak di klub serta pesepakbola dengan segudang gelar individu.

 

Statistik Messi di Barca

Kompetisi Gol Jumlah Laga
La Liga 474 520
Liga Champions 120 149
Copa del Rey 56 80
Piala Super UEFA 3 4
Piala Dunia Antarklub FIFA 5 5
Piala Super Spanyol 14 20
TOTAL 672 778

Hat-trik

Ada beberapa pencetak gol yang sebanding dengan Messi, yang merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah La Liga. Tapi dalam kariernya, dia berhasil mencetak lebih dari tiga gol dalam satu pertandingan.

MESSI | TOTAL: 48 Hat-trick Quat-trick Quin-trick
BARCELONA 41 6 1

Tim yang dibobol Messi lebih dari tiga gol

Tim lawan Berapa kali? Kompetisi
Valencia 4 La Liga (3), Copa del Rey (1)
Osasuna 3 La Liga
Espanyol 3 La Liga
Atletico Madrid 3 La Liga (2), Copa del Rey (1)
Deportivo La Coruna 3 La Liga
Sevilla 3 La Liga (2), Piala Super Spanyol (1)
Granada 2 La Liga
Rayo Vallecano 2 La Liga
Malaga 2 La Liga
Levante 2 La Liga
Rela Madrid 2 La Liga
Eibar 2 La Liga
Mallorca 2 La Liga
Real Betis 2 La Liga
Real Zaragoza 1 Copa del Rey
Almeria 1 La Liga
CD Tenerife 1 La Liga
Celta Vigo 1 La Liga
CD Leganes 1 La Liga
Apoel 1 Liga Champions
Bayer Leverkusen 1 Liga Champions
Ajax 1 Liga Champions
Viktoria Plzen 1 Liga Champions
Celtic 1 Liga Champions
Arsenal 1 Liga Champions
Manchester City 1 Liga Champions
PSV Eindhoven 1 Liga Champions
TOTAL 48

Gelar dan penghargaan individu Messi

Trofi: 35

Striker asal Argentina ini telah memenangkan 35 gelar bersama tim Catalan, 25 di kompetisi domestik dan sepuluh trofi nondomestik, termasuk empat kali memenangkan Liga Champions, gelar terpenting di level klub.

Gelar domestik

  • Sepuluh La Liga
  • Delapan Piala Super Spanyol
  • Tujuh Copa del Rey

Gelar nondomestik

  • Empat Liga Champions
  • Tiga Piala Super UEFA
  • Tiga Piala Dunia Antarklub

Penghargaan individu

Messi juga telah mendapatkan status sebagai pemain dengan gelar individu terbanyak.

Pada enam kesempatan dia menjadi pencetak gol terbanyak Eropa dan memenangkan Sepatu Emas serta juga memiliki delapan El Pichichi La Liga.

Selain itu, La Pulga juga telah memenangkan Ballon d’Or sebanyak enam kali dan menjadi yang terbaik di beberapa turnamen seperti La Liga dan Liga Champions, dengan dia juga menjadi pencetak gol terbanyak pada enam edisi.

Penghargaan Tahun
Ballon d’Or 2009, 2010, 2011, 2012, 2015 dan 2019
Pemain terbaik Eropa 2009, 2011, 2015
Sepatu Emas 2010, 2012, 2013, 2017, 2018 dan 2019
El Pichichi 2010, 2012, 2013, 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021
Pencetak gol terbanyak Liga Champions 2009, 2010, 2011, 2012, 2015 dan 2019
Striker terbaik Liga Champions 2019
Pemain terbaik La Liga 2009, 2010, 2011, 2012, 2013 dan 2015
Pemain terbaik Piala Dunia 2014
Pemain terbaik Piala Dunia Antarklub 2009 dan 2011
Sepatu Emas Piala Dunia Antarklub 2011
Pemain terbaik pria versi FIFA 2019

(Goal.com/Red)

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.