Minggu, 3 Maret 24

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan
* Ilustrasi Daun Sirih (Foto: Freepik)

Obsessionnews–Banyak orang belum mengetahui jelas bahwa ternyata daun sirih mengandung berbagai nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh. Mulai dari yodium, vitamin A, kalium, Vitamin B1, B2, dan asam nikotinat.

Selain itu, daun sirih juga mengandung minyak atsiri, gula, pati, fenil propana, terpennena, estragol dan kavicol. Nutrisi inilah yang mampu memaksimalkan fungsinya dalam mendukung kesehatan.

Bahkan, tanaman herbal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu sirih merah dan hijau. Namun, keduanya sama-sama menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut rangkumannya melalui Halodoc.

1. Obat alternatif untuk radang prostat

Tidak sedikit orang meyakini kalau jenis sirih berwarna merah dapat menjadi obat alternatif untuk kondisi radang prostat. Tanaman herbal ini memiliki kandungan antioksidan saponin dan tanin serta senyawa hydroxychavicol.

Kandungan tersebut diyakini dapat memulihkan sel pada kelenjar prostat sehingga bisa berfungsi normal. Namun, sebaiknya anda atau keluarga tetap berkonsultasi pada dokter sebelum memakai tanaman herbal ini untuk mengatasi peradangan prostat.

2. Mengurangi nyeri haid

Air rebusan sirih juga mampu mengatasi nyeri menstruasi. Khasiat ini berasal dari senyawa antioksidan pada tanaman tersebut.

Namun, agar manfaatnya maksimal, anda bisa merebus sirih bersama kunyit. Tanaman rempah tersebut mengandung kurkumin yang bersifat antiradang, sehingga rasa nyeri lebih cepat mereda.

3. Mengobati jerawat

Tersumbatnya pori-pori akibat produksi minyak berlebihan adalah pemicu utama jerawat pada wajah. Air rebusan daun sirih bisa menjadi solusi atas masalah ini karena kandungan tanin, flavonoid, dan saponin yang bersifat antibakteri.

Caranya, bersihkan muka dengan menggunakan air rebusan daun tersebut. Cara ini mampu membasmi bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

4. Menjaga kesehatan area kewanitaan

Sifat antibakteri dalam sirih mampu mencegah bacterial vaginosis yang memicu gatal pada area kewanitaan. Selain itu, air rebusan daun sirih juga efektif untuk mengatasi masalah keputihan.

Studi dalam The Malaysian Journal of Nursing (MJN) menyebutkan, mengonsumsi air rebusan daun sirih efektif untuk mengatasi keputihan. Caranya, rebus 3 sampai 4 lembar daun dengan dua gelas air selama 10 sampai 15 menit.

Biarkan sampai suhunya normal, lalu minum. Meski cukup efektif untuk menjaga kesehatan area intim, anda hanya boleh membasuh bagian luar vagina.

Selain itu, hindari menggunakan rebusan sirih dalam jangka panjang, sebab, hal ini dapat mengubah pH pada area kewanitaan. Jika rasa gatal tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Terhambatnya proses penyembuhan luka jadi salah satu masalah yang sering terjadi pada pengidap penyakit kencing manis. Studi dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menunjukkan, sirih memiliki sifat antidiabetes, antioksidan dan antimikroba.

Hasilnya, setelah 7 hari menggunakan sirih, luka mengalami perbaikan yang signifikan. Tanaman herbal ini bekerja dengan menurunkan stres oksidatif dalam tubuh yang memengaruhi proses penyembuhan luka.

6. Mencegah diabetes

Studi dalam Drug Invention Today dengan objek hewan menyebutkan bahwa daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Tanaman herbal ini mengandung molekul aktif yang bernama tanninsi yang memiliki sifat antidiabetes.

Selain itu, alkaloid dalam sirih juga dapat menurunkan kadar glukosa darah. Senyawa tersebut bekerja dengan menghambat penyerapan glukosa pada usus.

Dengan begitu, risiko penyakit kencing manis pun bisa berkurang. Akan tetapi, tentu masih perlu studi lanjutan tentang efektivitas tanaman tersebut pada manusia.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi meningkatkan risiko stroke. Untuk membantu menurunkan kadarnya, kamu bisa mengonsumsi air rebusan sirih.

Tanaman obat ini mengandung senyawa eugenol yang berperan dalam menghambat jumlah produksi kolesterol dari hati. Selain itu, senyawa tersebut juga mengurangi jumlah total lemak (lipid) yang terserap oleh usus.

Senyawa tersebut juga mengurangi jumlah total lemak (lipid) yang terserap oleh usus. Jadi, jangan remehkan manfaat dari daun sirih jika terdapat dirumah anda. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.