Jumat, 2 Desember 22

Manchester City ke Perempat Final, Tapi Dipermalukan Basel

Manchester City ke Perempat Final, Tapi Dipermalukan Basel
* Manchester City vs Basel 1-2.

Manchester City secara mengejutkan dipermalukan Basel 2-1 di Etihad Stadium, Rabu (8/3/2018) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Namun mereka tetap berhak lolos ke babak perempat-final Liga Champions dengan kemenangan agregat 5-2.

The Citizens secara mengejutkan dipermalukan Basel, namun itu tidak membatalkan tiket perempat-final skuat Pep Guardiola.

The Citizens menjamu Basel dengan modal kemenangan 4-0 dari leg pertama babak 16 besar. Alih-alih kembali menunjukkan superioritas, tim Pep Guardiola malah takluk oleh gol-gol Mohamed Elyounoussi dan Michael Lang, untuk membataslkan gol Gabriel Jesus yang membuka keunggulan untuk tuan rumah di menit kedelapan. Ini menjadi kekakalahan kandang pertama di semua kompetisi sejak Desember 2-16.

Dengan satu kaki di perempat-final, Pep Guardiola mengistirahatkan sejumlah bintang termasuk Kevin De Bruyne, Sergio Aguero, Ederson dan David Silva, sementara Phil Foden menjadi pemain Inggris termuda yang bermain sebagai starter di babak knock-out Liga Champions.

Foden bermain dengan Yaya Toure – 17 tahun lebih senior – di lini tengah, namun duo tersebut kesulitan mengendalikan permainan, meski the Citizens unggul cepat di markas sendiri.

Leroy Sane membawa bola melewati beberapa bek dan mengirimnya pada Bernardo Silva, yang umpan silangnya dimaksimalkan Gabriel Jesus untuk mencetak gol pertama sejak ia kembali dari absensi dua bulan akibat cedera ligamen lutut.

Basel bangkit untuk menang di Etihad Stadium, dengan Elyounoussi sukses menaklukkan kiper Claudio Bravo, kemudian ia memberi assist pada Lang, yang menjadi penentu kemenangan.

The Citizens tak buang-buang waktu untuk mengendalikan permainan dan membuka skor untuk menambah keunggulan agregat keitka laga baru berjalan delapan menit.

Aksi Sane memberikan ruang pada Silva, yang kemudian mengirim umpan silang mendatar pada Jesus. Dengan finishing sederhana, Jesus mencetak gol pertamanya sejak November.

Kiper Basel Tomas Vaclik sukses menggagalkan usaha Ilkay Gundogan dan Basel tak lama kemudian berhasil menyamakan kedudukan.

Tembakan Blas Riveros terdefleksi Elyounoussi, lalu ia tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menyasar sisi pojok kanan gawang Bravo.

Basel tampil lebih agresif, namun tembakan Riveros jatuh tepat di pelukan Bravo di menit ke-39.

Kedua tim kesulitan mengembangkan permainan usai jeda, lalu Guardiola kembali memasukkan pemain muda City Brahim Diaz.

Namun, Basel justru berbalik unggul dengan sisa 19 menit pertandingan. Jesus kehilangan bola di lini tengah dan Elyounoussi melewati Toure di sisi kanan sebelum memberikan umpan kepada Lang di mulut gawang. Sang bek kanan berhasil mengalahkan Bravo dengan tembakan kerasnya dari sudut sempit.

Hingga laga usai skor 2-1 untuk kemenangan mengesankan Basel tak berubah. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.