Sabtu, 27 April 24

Luar Biasa! Manfaat Sujud dalam Sholat untuk Kesehatan

Luar Biasa! Manfaat Sujud dalam Sholat untuk Kesehatan
* Posisi gerakan sujud dalam sholat. (Foto: almaas)

Sujud (dalam gerakan sholat) melibatkan 5 anggota badan yang bertumpu pada bumi, yaitu dahi, hidung, kedua telapak tangan, lutut, dan kedua ujung kaki (jari-jari kaki). Sujud adalah merendahkan diri, memuji Allah dan meminta segala macam pinta kepada Allah. Sekaligus, mengikis sifat sombong, ria, takabur, dan lain-lain.

Dr Fidelma O’Leary, Phd Neuroscience dari St Edward’s University, telah menjadi muallaf, krn mendapati fakta ttg manfaat sujud bagi kesehatan. Dalam kajiannya ditemukan ada bbrp urat syaraf di dalam otak manusia yang tidak  dimasuki darah dan urat ini baru bisa dimasuki darah pada sa’at manusia sujud. Tetapi urat syaraf ini hanya memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Yaitu, pada waktu-waktu sholat yang telah ditetapkan (waktu subuh, zuhur, ashar, maghrib, ‘Isya). Subhanallah.

Jadi, siapa yang tidak sholat maka urat ini tidak menerima darah sehingga otaknya tidak berfungsi secara normal. Maka tdk heran, timbul macam-macam gejala sosial masyarakat saat ini.
Karena letak otak di atas jantung, maka kata Alm. Prof Hembing : jantung, hanya mampu membekalkan 20% darah ke otak manusia, jadi dibantu dengan sujud yang lebih lama agar menambah kekuatan aliran darah ke otak.

(Kalau begitu sesuai apa yang disuruh Nabi Muhammad SAW, supaya kita sujud lama2 di rakaat terakhir, sambil banyak meminta semua keinginan kita).

Manfa’at sujud lama-lama ini, untuk menolak pening, dan migrain, menyegarkan otak, menajamkan akal pikiran (peka), melegakan sistim pernapasan, membetulkan pundi peranakan yang jatuh, memperbaiki kedudukan bayi sungsang, dan lain-lain.

Otak merupakan pusat pengatur dari seluruh kegiatan manusia, di dalamnya tdpt banyak sekali urat-urat saraf, yang bertugas masing-masing. Bentuknya seperti seorang sujud. Subhanallah….!!!

Do’a Duduk Diantara Dua Sujud:

▪ ROBIGHFIRLII
▪ WARHAMNII
▪ WAJBURNII
▪ WARFA’NII
▪ WARZUQNII
▪ WAHDINII
▪ WA’AAFINII
▪ WA’FUANNII

Do’a ini merangkum keperluan kita di dunia dan akhirat. Dan dibaca minimum 17 kali setiap hari.

Marilah kita hayati dan fahami maknanya :

▪ ROBBIGHFIRLII:
Wahai Tuhan ampunilah dosaku
Dosa adalah beban, yang menyebabkan kita berat melangkah menuju ke ridhaan اللّهُ. Dosa adalah kotoran hati yang mem-buat hati gelap, sehingga hati kita merasa berat sekali untuk melakukan kebaikan.

▪ WARRHAMNII:
Sayangilah diriku.
Kalau kita disayang اللّه hidup akan terasa tenang. Dengan kasih sayang اللّه kita akan terbimbing dan terdidik.

▪ WAJBURNII:
Tutup lah segala kekuranganku.
Banyak sekali kekurangan kita: kurang syukur, kurang sabar, kurang menerima kenyataan, mudah marah, pendendam dan lainnya. Kalau kekurangan kita ditutup/diperbaiki اللّهُ, maka kita akan menjadi manusia sejati

▪ WARFA’NII:
Tinggikanlah derajatku. Kalau اللّه sudah meninggikan derajat kita, maka penilaian makhluk akan terasa kecil/tiada arti dibandingkan penilaian ALLAH

▪ WARZUQNII:
Berikanlah aku rizkI. Sebagai hamba اللّهُ kita memerlukan rizki. اللّه mampu mendatangkan rizkI dari jalan yang tak disangka dan DIA lah yg mencukupi kebutuhan hambaNYA

▪ WAHDINII:
Berikanlah aku petunjuk/bimbinglah aku ke jalan yang benar.
Kita bukan hanya minta petunjuk/hidayah yang berkaitan dengan agama. Tetapi kita juga minta petunjuk agar terhindar dari mengambil keputusan yang Salah/keliru

▪ WA’AAFINII:
Berikanlah aku kesehatan.
Apabila kita sehat, kita dapat menambah kebaikan dan manfaat serta kita tidak menjadi beban kepada orang lain.

▪ WA’FUANNII:
Aku mohon agar kesalahanku dimaafkan dan dihapus dari buku catatan amal

Semoga ALLAH mengabulkan Doa-doa kita. Aamiin yaa Robbal’alamin… (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.