Jumat, 26 April 24

LLP-KUKM Beri Ruang Gerak UKM Lewat Rembug Kopi Nusantara

LLP-KUKM Beri Ruang Gerak UKM Lewat Rembug Kopi Nusantara
* UKM yang berprestasi mendapat penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM di acara Smesco Award 2018. (foto: Kapoy/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha KeciI dan Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM menggelar even tahunan bertajuk Rembug Kopi Nusantara 2018 di Exhibition Hall, Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, pada Jumat 26 hingga Minggu 28 Oktiber 2018.

Direktur Utama LLP-KUKM Emilia Suhaimi mengatakan, tujuan diadakan event ini untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi nusantara.

“Sekaligus sebagai suatu upaya untuk menyatukan potensi yang ada dari komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal ke mancanegara,” ujar Emilia di Jakarta, Jumat (26/10).

Diketahui bahwa perkebunan kopi Indonesia yang mencapai 1,3 juta Ha telah menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara produsen keempat terbesar di dunia.

Di samping itu citarasa kopi yang dipunyai Indonesia tak sekadar biasanya saja, melainkan bercita rasa tinggi hingga terkenal oleh masyarakat dunia.

Karena itu melalui acara ini Smesco Indonesia ingin memberi ruang gerak kepada para pelaku KUKM dengan potensi yang dimiliki untuk mengekspresikan, dan mempromosikan hasil kreativitas mereka kepada masyarakat luas. Sehingga masyarakat akan semakin mengenal produk-produk lokal berkualitas.

“Kami sengaja akan mengundang para pelaku UKM di bidang kopi untuk dapat berkumpul dan saIing bersinergi dalam rangka mem-branding produk kopi unggulan dari masing-masing daerah sehingga bisa menjadi suatu potensi yang luar biasa,” ujar Emilia.

Emilia berharap melalui kegiatan tersebut masyarakat, pebisnis, asosiasi, eksportir dan juga pencinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal tentang kopi. Mulai dari proses penanaman, panen, dan pengolahan biji kopi, serta ciri khas rasa kopi lokal yang sangat beragam dari berbagai wilayah di Indonesia.

”Melalui kegiatan Smesco Rembug Kopi Nusantara ini diharapkan akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga bagi para pengusaha skala mikro, kecil, dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis kopi ini,” ujar Emilia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.