Senin, 29 April 24

Lestarikan Kuliner Indonesia, Festival Jajanan Bango 2023 Hadirkan 100 Makanan Khas Nusantara

Lestarikan Kuliner Indonesia, Festival Jajanan Bango 2023 Hadirkan 100 Makanan Khas Nusantara
* Pembukaan Festival Jajanan Bango 2023 (Foto: Dokumentasi pribadi)

Obsessionnews.com – Acara tahunan dari brand kecap legendaris Indonesia, yaitu Festival Jajanan Bango (FJB) kembali resmi digelar pada 27-29 Oktober 2023 di Plaza Parkir Timur Senayan, Jakarta. Bertemakan “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara”, festival kuliner yang selalu ditunggu oleh masyarakat ini membawa kesan yang berbeda, dengan menghadirkan pengalaman multisensori di gerbang masuk.

Tak hanya itu, Festival Jajanan Bango 2023, ternyata dilangsungkan tepat di hari jadi kecap Bango yang ke 95.

Dalam rangka mendukung pelestarian kuliner Indonesia, tahun ini makanan dan minuman yang dijajakan pun semakin beragam, karena ada lebih dari 100 pedagang yang hadir dari seluruh pelosok Nusantara.

Adanya acara ini tak luput dari dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI yang sama-sama memiliki misi untuk memajukan dan melestarikan kekayaan kuliner nusantara sekaligus mendorong kiprah pelaku UMKM kuliner tradisional.

Dalam acara pembukaan FJB 2023, Amaryllis Esti Wijono atau akrab disapa Lilis selaku Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia, Tbk. menerangkan, bahwa sejak 1928 Bango selalu konsisten menjaga kualitas melalui penggunaan empat bahan alami terbaik dan proses pembuatan yang otentik. Hingga kini menginjak 95 tahun, upaya ini terus dilakukan agar kecap manis yang berkualitas dapat terus lestari sebagai culinary gem kebanggaan Indonesia yang menyatukan kelezatan aneka kuliner nusantara sejak dulu hingga nanti.

Digelar di momen Hari Sumpah Pemuda, Bango mempersembahkan sesuatu yang berbeda di Festival Jajanan Bango Jakarta 2023 agar festival ini menjadi pengalaman yang mengesankan dan impactful, khususnya bagi generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet pelestarian kuliner nusantara. Bertema “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara”, pengunjung diajak untuk mencoba pengalaman multisensori di dalam sebuah galeri imersif yang menonjolkan berbagai pesona kuliner Indonesia.

Dengan memanfaatkan kepekaan kelima indera, pengalaman ini diharapkan dapat membangkitkan sejuta rasa di hati dan pikiran generasi muda untuk mengapresiasii kuliner Nusantara sebagai sebuah mahakarya yang patut dirayakan dan dilestarikan.

Setelah mencicipi kelezatan begitu banyak hidangan khas Indonesia di Festival Jajanan Bango, terutama yang berbasis kecap, diharapkan para pecinta kuliner di Jakarta dan sekitarnya, khususnya para ibu, juga akan lebih terdorong untuk menyajikan hidangan berbasis kecap di rumah, sehingga mereka pun dapat ikut berperan melestarikan kekayaan kuliner Nusantara. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.