Minggu, 25 Oktober 20

Kuartal III 2019 Bank Mandiri Salurkan KUR Rp17,45 Triliun

Kuartal III 2019 Bank Mandiri Salurkan KUR Rp17,45 Triliun
* Sepanjang Januari-September 2019 atau Kuartal III 2019 total KUR yang disalurkan Bank Mandiri mencapai Rp17,45 triliun, tumbuh 29,7% (year-on-year/yoy) atau mencapai 69% dari target tahun 2019 dengan jumlah penerima sebanyak 222.825 debitur. (Foto: FB Bank Mandiri)

Jakarta, Obsessionnews.com –  Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)  hingga saat ini masih merupakan salah satu sektor unggulan yang dapat menopang perekonomian Indonesia. Pelaku UMKM menempati bagian terbesar dari seluruh aktivitas ekonomi rakyat Indonesia, mulai dari petani, nelayan, peternak, petambang, pengrajin, pedagang, hingga penyedia berbagai jasa.

Selain sumbangsih yang besar terhadap perekonomian Indonesia, UMKM juga merupakan salah satu solusi untuk mengurangi ketimpangan maupun kesenjangan pendapatan masyarakat Indonesia, karena sektor ini mempunyai ketahanan ekonomi yang tinggi. Hal ini yang mendorong pemerintah untuk terus menciptakan dan mendukung program pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan.

Salah satu program pemerintah dalam upaya mengembangkan UMKM adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang diluncurkan pada November 2007. Melalui program ini pemerintah menunjuk beberapa bank untuk memberikan pinjaman kepada UMKM.

Salah satu bank yang dipercaya menyalurkan KUR adalah Bank Mandiri. Badan usaha milik negara (BUMN) ini menyalurkan KUR Mikro, KUR Ritel, KUR Penempatan TKI (Tenaga Kerja Indonesia), dan KUR Khusus.

 

Baca juga: 

Bank Mandiri Pacu Penguatan Dana Murah

Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp806,8 Triliun pada Kuartal III Tahun 2019

Bank Mandiri dan Pertamina Bangun Sistem Pengolahan Beras Terpadu di Kebumen

 

KUR Mikro dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur dan jangka waktu maksimal 2 tahun.

KUR Ritel dengan limit kredit di atas Rp 25 juta sampai dengan maksimal Rp 200 juta per debitur, dan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.

KUR Penempatan TKI dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur dengan jangka waktu disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan.

KUR Khusus dengan limit di atas Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk kluster dengan menggunakan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat.

Sepanjang Januari-September 2019 atau Kuartal III 2019 total KUR yang disalurkan Bank Mandiri mencapai Rp17,45 triliun, tumbuh 29,7% (year-on-year/yoy) atau mencapai 69% dari target tahun 2019 dengan jumlah penerima sebanyak 222.825 debitur. Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi menjelaskan, dari jumlah tersebut sebesar 50,25% disalurkan kepada sektor produksi, yakni pertanian, perikanan, industri pengolahan dan jasa produksi. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.