Rabu, 22 Mei 19

KPU Tak Pernah Biarkan Kecurangan Terjadi di TPS Pemilu 2019

KPU Tak Pernah Biarkan Kecurangan Terjadi di TPS Pemilu 2019
* Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat. (foto: web kpu.go.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Opini yang saat ini berkembang di masyarakat membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus angkat bicara. Sebab kalau isu ini dibiarkan begitu saja akan mengurang kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu.

 

Baca juga:

Pemilu Dibalas Nyawa, Kenapa Tak Ada Tim Dokter yang Menjaga?

33 Pengawas Pemilu 2019 Meninggal dalam Tegakkan Demokrasi

Dirugikan di Pemilu 2019, Tempuh Jalur Hukum

 

Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan ada dua isu yang berkembang belakangan ini. Yang pertama terkait keliru entri data pada Pemilu 2019 ini dan yang kedua terkait Tempat Pemungutan Suara (TPS) Curang.

“Nah ini yang terkait keliru entri sudah saya jelaskan,” ujar Viryan di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Namun terkait dengan TPS curang, kata dia, secara prinsip setiap kegiatan di TPS yang dilakukan tidak sesuai tata cara yang ditentukan. Salah satunya adalah satu pemilih yang mencoblos beberapa kali. “Atau misalnya perhitungannya tidak konsisten,” kata Viryan.

Menurutnya, bila hal-hal semacam itu terjadi, bisa dimungkinkan akan dilakukan pemungutan suara ulang (PSU). “Apalagi kalau ada misalnya kegiatan masyarakat yang melakukan pemungutan suara yang tidak sesuai mekanisme tersebut,” ungkapnya.

“Seperti Pemilu 2014 misalnya,” tambah mantan Ketua KPU Kota Pontianak itu.

Dia meminta masyarakat untuk kejadian Pemilu 2014 yang lalu. Pada saat itu di salah satu daerah di Nias, Sumatra Utara, ada surat suara di coblos ramai-ramai oleh anak-anak.

“Sekarang Alhamdulillah hal semacam itu tidak terjadi lagi,” beber pria berdarah Kalimantan Barat itu.

Dia menegaskan, KPU tidak pernah membiarkan, opini yang berkembang seolah KPU membiarkannya. “Saat ini sedang berlangsung pemungutan suara ulang di berbagai TPS yang melakukan kegiatan tidak sesuai regulasi yang ditentukan,” pungkas Viryan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.