Jumat, 26 April 24

Korea Bantu Kembangkan Produk KUKM Petani Kulon Progo

Korea Bantu Kembangkan Produk KUKM Petani Kulon Progo

Jakarta, Obsessionnews – Perusahaan asal Korea, PT Cheil Jedang (CJ) Indonesia menggandeng Koperasi Serba Usaha (KSU) Jatirogo untuk memulai strategi bisnis ‘creating shared value’ atau menciptakan manfaat bersama dalam meningkatkan kesejahteraan petani gula kelapa di wilayah Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Kerjasama kedua lembaga itu diwujudkan dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, dengan disaksikan Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UMKM Kemenkop UKM Meliadi Sembiring dan Direktur Jenderal KOTRA Indonesia Song Yoo Hwang, serta Dubes Republik Korea untuk Indonesia HE Cho Tae Young.

Meliadi mengatakan, pihaknya memulai program OVOP untuk membangun daya saing daerah dengan menciptakan kompetensi inti bagi daerah tersebut dengan menentukan produk unggulan desa. Namun, tetap membutuhkan kerjasama dalam aspek kemasan dan pemasaran agar dapat bersaing di tingkat global.

“Oleh karenanya, CJ Group akan melakukan kerjasama dengan memanfaatkan strategi dan teknik pemasaran yang dimiliki afiliasi di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya Kulon Progo,” ujar Meliadi, Selasa (29/9/2015).

Meliadi mengungkapkan bahwa total nilai manfaat ekonomi yang akan diperoleh KSU Jatirogo melalui kerjasama dengan CJ Indonesia diperkirakan mencapai US$100.000 untuk satu tahun.

“Kesuksesan program OVOP akan membutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan perusahaan. Saya harap kerjasama CJ Indonesia ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan daerah Kulon Progo,” kata Meliadi.

Ke depan, lanjut Meliadi, pengelolaan KSU Jatirogo akan semakin optimal sehingga memiliki multiflier effect bagi produksi gula semut yang meningkat baik dari sisi kualitas dan kuantitas. Bahkan, mampu menjadi ikon Kabupaten Kulon Progo.

“Selain itu, dengan potensi produksi yang besar maka secara langsung akan berdampak pada kesejahteraan petani perajin gula semut yang semakin baik pula,” imbuh Meliadi.

CJ Indonesia berencana akan memperkenalkan produk-produk yang menggunakan gula kelapa yang diproduksi oleh KSU Jatirogo melalui 17 outlet TOUS les JOURS Bakery dan Bibigo Restaurant, dimana salah satu produk andalannya adalah Cashew nut Pie.

Selain itu, CJ Indonesia juga akan menyediakan gula kelapa kemasan kecil yang kemasannya sudah dipercantik agar tampak menarik. Disertai dengan strategi marketing yang sulit dilakukan secara langsung oleh koperasi, seperti promosi melalui SNS dan platform bioskop CGV Blitz.

Komisaris CJ Indonesia Bernard Kent Sondakh mengatakan bahwa CJ Indonesia dapat menciptakan manfaat bersama melalui kerjasama dengan daerah yang memiliki produk unggulan.

“Tentunya produk dengan kualitas baik, namun belum memiliki jalur distribusi. Kerjasama ini akan menjadi strategi win-win solution antara masyarakat dengan perusahaan,” tandas Bernard.

Menurut Bernard, CJ Group sebelumnya telah sebagai perusahaan Korea yang aktif berpartisipasi dalam kerjasama dengan masyarakat daerah. Salah satunya, program kerjasama dengan petani cabe di Tinh Ninh Thuan, Vietnam, yang dimulai sejak 2014. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.