Sabtu, 27 April 24

Komisi X DPR: Bonus Olahraga Mestinya Dikasih di Awal

Komisi X DPR: Bonus Olahraga Mestinya Dikasih di Awal

Jakarta, Obsessionnews.com –  Sebagai bentuk perhatian dan dukungan kepada para atlet Indonesia yang berhasil merebut mendali di ajang Olimpiade Rio‎ Brasil, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga  memberikan penghargaan dan bonus kepada mereka.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi X DPR RI Ridwan Hisjam mengatakan, mestinya bonus untuk para atlet Indonesia yang berhasil meraih mendali di tingkat internasional tidak diberikan pada saat mereka sudah menang melainkan jauh sebelum itu.

‎”Jangan orang sudah menang baru di kasih bonus sekian itu tidak benar,” kata Ridwan di Gedung DPR, Kamis (25/8/2016).

Menurutnya, mengapa bonus harus diberikan sekarang. Karena olahraga adalah tujuan hidup. Dimana bonus yang diberi tahu sejak awal dianggap bisa memicu kompetisi yang sehat antar atlet. Para atlet akan rajin berlatih dan punya semangat yang tinggi untuk menang.

“Jadi prestasi olahraga itu adalah tujuan hidup. Kalau ingin itu menjadi tujuan hidup harus ada yang dicapai di situ. Orang mau jadi dokter karena ia ingin ada perubahan hidup, supaya pada waktunya  dia bisa sejahtera,” kata Ridwan menggambarkan.

Ridwan memandang menjadi atlet sudah menjadi tujuan hidup seseorang yang harus terjamin kesejahteraannya. Sama halnya dengan orang yang memiliki cita-cita sebagai ekonom, dokter, guru, maupun politisi. “Jadi bonus bukan berarti memberhalakan uang, tapi lebih kepada kesejahteraan,” tuturnya.

“Orang mau jadi atlet karena dia tahu, dia bisa sejahtera dengan atlet. Karena kalau bisa mendapat medali hari tua saya  terjamin. Karena ada tunjangan hari tua. Selama ini kan tidak ada,” imbuhnya.

Politisi Partai Golkar ini menyadari sebelumnya perhatian pemerintah terhadap atlet Indonesia masih kurang. Tidak jarang, atlet yang berhasil meraih mendali hidup di hari tuanya susah. Padahal dia sudah dianggap pahlawan. Karena itu, ia tidak ingin hal ini terjadi kembali.

“Seperti untuk acara SEA Games tahun yang akan datang, pemerintah harusnya sudah memberi tahu bonusnya sekarang, sekian-sekian. Jadi semua itu berlomba-lomba jangan sudah menang baru di kasih,” tuturnya. ‎

‎Diketahui, dalam Olimpide Rio de Janeiro (Brasilia) 2016, pemerintah memberikan bonus bagi peraih  mendali emas masing-masing adalah Rp 5 miliar, untuk peraih mendali perak Rp 2 miliar, dan untuk perunggu Rp 1 miliar.

‎Tidak hanya itu, peraih mendali emas juga diberikan uang bulanan Rp 20 juta seumur hidup. Sedangkan peraih mendali perak, sebesar Rp 15 juta perbulan, dan  mendali perunggu 10 juta.  (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.