Kamis, 26 Mei 22

KNPI-Pemuda Malaysia Sepakat Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Dunia

KNPI-Pemuda Malaysia Sepakat Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Dunia

Batam, Obsessionnews.com—DPP KNPI dan Majlis Belia Malaysia (MBM) melalui “Kesepakatan Pemuda Malindo 2016”, akan memperjuangkan agar bahasa Indonesia, jadi menjadi bahasa internasional resmi ketujuh di dunia.

Demikian hasil pertemuan yang bertajuk “Membangun Hubungan Harmonis, Menjemput Masa Depan Gemilang” 5-7 Agustus 2016 di Batam. Seperti siaran pers yang diterima redaksi Obsessionnews.com, Senin (8/8/2016).

baca juga:

KNPI Imbau Pemuda Cerdas Hadapi Tantangan

Jambore Poros Maritim KNPI Dibuka Jokowi

Kepengurusan KNPI Terjangkit Egoisme

Delegasi Pemuda Malaysia yang berjumlah 24 orang dipimpin Setiausaha Agung/Sekretaris Jenderal MBM, Ahmad Saparudin Yusup terdiri dari pengurus MBM dan Majlis Belia tingkat negeri. Sementara delegasi pemuda Indonesia yang terdiri dari pengurus DPP KNPI, Ketua DPD KNPI se-Indonesia dan OKP tingkat nasional, dipimpin oleh Sekretaris Jenderal DPP KNPI, Sirajuddin Abdul Wahab.

Ketua Umum DPP KNPI, Muhammad Rifai Darus, menyatakan dialog malindo ini sebagai langkah maju dalam membangun hubungan kepemudaan di kedua negara. Rifai menegaskan kegiatan pemuda malindo ini akan menjadi agenda tetap bersama antar pemuda kedua negara.

KNPI berkomitmen untuk terus membangun hubungan kepemudaan yang tidak hanya terbatas dengan Malaysia tetapi juga Jepang, Yordania, Australia dan negara – negara di Eropa dimana KNPI telah mendirikan Badan Perwakilan.

KetumKNPI

Pertemuan ini semakin mengukuhkan hubungan kepemudaan dikedua negara. Pemuda sebagai bagian dari masyarakat memainkan peranan strategis dalam konteks diplomasi internasional.

Ketua Steering Committe Dialog Pemuda Malindo yang juga Ketua DPP KNPI Bidang Hubungan Luar Negeri, Doni Harsiva Yandra menyatakan, terdapat lima poin kesepakatan.

Doni menyebut pertama pihaknya ingin memperjuangkan ‘bahasa’ menjadi bahasa internasional resmi ketujuh di dunia. Kedua, pihaknya berkomitmen mencegah penyalahgunaan narkotika dan psikotropika. Ketiga, pihaknya akan ikut mencegah muncul dan berkembangnya terorisme dan radikalisme khususnya di kalangan pemuda.

Hari melanjutkan poin kesepakatan keempat berupa mendorong kerjasama di bidang ekonomi dan enterpreneurship di kalangan pemuda. Terakhir alias kelima, menurut Doni yakni pihaknya akan memperluas kerjasama kepemudaan di tingkat provinsi/negeri dalam membangun sinergi dan partisipasi luas dikalangan pemuda.

Kelima point ini merupakan hal penting dan menjadi perhatian serius pemuda di kedua negara. Untuk memastikan agenda kesepakatan berjalan, disepakati dilahirkannya Komite Bersama Pemuda Malindo sebagai badan bersama antara MBM dan DPP KNPI.

Setiausaha Agung Majlis Belia Malaysia, Ahmad Saparuddin Yusup sangat senang dan berbahagia dengan adanya dialog Malindo yang digagas oleh DPP KNPI. Pertemuan diyakininya kian memperkokoh hubungan kepemudaan di kedua negara. Dengan adanya kesepakatan bersama, akan menjadi acuan kerangka kerja bersama sehingga hubungan tidak lagi terbatas pada hubungan silaturrahmi yang memang telah lama terjalin namun sudah bergerak menjadi hubungan kerja dalam membangun dunia kepemudaan dikedua negara. @reza_indrayana

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.