Kamis, 9 Mei 24

Kemenparekraf Minta Wisata Arung Jeram Terapkan Protokol Kesehatan

Kemenparekraf Minta Wisata Arung Jeram Terapkan Protokol Kesehatan
* Ilustrasi arung jeram. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong penerapan protokol kesehatan dalam wisata minat khusus arung jeram yang ada di berbagai lokasi di Indonesia.

Direktur Promosi Wisata Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf Adella Raung menjelaskan, Kemenparekraf berkerja sama dengan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) dan pelaku pariwisata arung jeram telah menyusun protokol kesehatan dan panduan pelaksanaan CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability) atau kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian alam berkelanjutan untuk wisata arung jeram.

“Protokol ini sudah disimulasikan di Citarik Sukabumi pada 17–18 Agustus 2020,” kata Adella dalam keterangan tertulis Kemenparekraf, Selasa (18/8/2020).

Adella menjelaskan dengan penerapan simulasi protokol CHSE ini, diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada wisatawan untuk beraktivitas wisata minat khusus arung jeram.

“Sehingga penyebaran Covid-19 pada sektor pariwisata, khususnya wisata arung jeram dapat diminimalisir,” tuturnya.

Beberapa protokol kesehatan yang disyaratkan dalam wisata arung jeram misalnya perahu dengan 3 thwart (penyangga di perahu) hanya boleh membawa 4 wisatawan plus pemandu, dengan thwart belakang dikosongkan. Penempatan peserta diatur sedemikian dengan memperhatikan jarak aman di dalam perahu.

Seperti diketahui, Kemenparekraf bekerja sama dengan FAJI memberikan bantuan perlengkapan aktivitas wisata Arung Jeram kepada operator arung jeram di seluruh Indonesia untuk mendukung persiapan Aktivitas Wisata Minat Khusus pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Bantuan perlengkapan itu juga sebagai bentuk dukungan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, sekaligus memberdayakan pelaku UMKM. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.