Minggu, 23 Januari 22

Kemenag Akan Tindak Pelaku Pungli Haji

Jakarta, Obsessionnews  Semua proses pendaftaran haji di Kantor Kementerian Agama manapun di tanah air, harus bebas dari praktik pungli atau segala bentuk pungutan. Jika masih ada praktik korup, segera laporkan, dan pasti ditindak tegas.

“Apa pun namanya, saat daftar haji, jangan coba-coba pungut uang dari jemaah. Awas, jika ketahuan akan, langsung ditindak tegas,” tegas Kasubdit Pendaftaran Haji, Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri, M Noer Alya Fitra Jakarta, seperti dilansir laman Kemenag.go.id, Senin (30/5/2016).

baca juga:

Persiapan Haji 2016, Hampir Rampung

Melongok Fasilitas Mewah Jemaah Haji Indonesia

Pemerintah Berjuang Kurangi Antrean Haji

Sskohat Cegah Jemaah Sudah Berhaji

Dia kembali menegaskan tidak ada biaya sepeser pun dalam proses pelayanan pendaftaran haji.

“Jadi, nggak ada itu, pemerintah ngutip-ngutip uang saat proses pengisian Surat Permohonan Pergi Haji (SPPH), apalagi saya dapat laporan ada tiga kantor Kementerian Agama di wilayah Banten, ngutip uang jemaah 100 ribu rupiah untuk pembuatan foto,” kata Nafit.

Kami minta agar Itu tidak dilakukan. “Mau alasannya pakai wadah Koperasi Kementerian Agama, tetap itu tidak boleh,” tegasnya.

Ia meminta kepada jemaah agar jangan mau memberikan kepada petugas di pendaftaran dengan alasan apapun.

“Kalau ada yang minta rekam saja, dan segera laporkan ke Kementerian Agama Pusat. Biar kami bisa tindak tegas oknumnya,” tegasnya kembali. @reza_indrayana

Related posts

1 Comment

  1. imam fihri

    Saya dan istri mendaftar haji di kab. Pemalang tanggal 24 Oktober 2014, waktu daftar tercantum pemberangkatan 2029 setelah 2 tahun saya iseng2 ngecek ke kemenag RI dan ternyata saya&istri terdaftar berangkatnya tahun 2032 berarti 18thn antriannya. Yang bikin saya miris adalah sebelum bulan puasa Tahun 2016 kemaren ada Biro asal kec.Jatinegara kab.tegal menawarkan langsung berangkat pd tahun ini dgn harga yg sangat tinggi. Tadinya saya kurang begitu percaya, tapi saya kaget teman saya asal desa Tegalgubug lor Kab.Cirebon tiba2 dengar kabar berangkat tahun ini, saya tanya2 langsung kpd dia karena saya tau keberangkatannya tahun 2021. Dia cerita kpd saya, sehabis idul fitri 2016 diluar jadwal resminya, dia di tawari oleh biro di daerah situ bisa berangkat haji tahun ini (reguler) tapi dengan biaya 240jt berdua dgn istrinya stlh ditawar kena 220jt deal, dan sekarang dia dan istrinya sudah pulang dari haji. saya gak tau kebobrokan macam apa lagi, yg jelas ini sungguh tidak adil bagi masyarakat miskin sprti kami. Kami sampai antri 18 tahun sementara dengan oknum bisa langsung berangkat. Berarti semacam ini terjadi dimana2 hal semacam ini musti di berantas disamping menyengsarakan rakyat kecil ternyata preman2 berkedok ibadah masih menjamur di negeri ini, Sangat2 sangat2 miris sekali… Silahkan di cek kebenarannya dan Mohon di perhatikan, karena kalau bukan pemerintah siapa lagi?

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.