Sabtu, 27 April 24

Kekuatan TNI Harus Disiapkan Antisipasi Segala Kemungkinan

Kekuatan TNI Harus Disiapkan Antisipasi Segala Kemungkinan

Jakarta, Obsessionnews – Jabatan Asisten Operasi Panglima TNI memiliki peran sangat strategis dan harus mampu memanfaatkan kecenderungan tersebut untuk menjadi input bagi setting strategy dan kesiapsiagaan dalam penggunaan kekuatan TNI. Kekuatan TNI, baik personel maupun Alutsistanya harus disiapkan sedemikian tepat guna mengantisipasi segala kemungkinan yang berkembang.

Demikian ditegaskan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada upacara Sertijab Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (31/5/2016).

sertijab Asops 2

Panglima TNI menuturkan, kecenderungan dan dinamika lingkungan regional dan internasional sangat berpengaruh terhadap situasi nasional, yang semuanya itu juga akan berpengaruh terhadap TNI. “Kecenderungan ini harus menjadi subjek pencermatan yang objektif, konfirmatif dan prediktif di semua aspek yang menjadi wilayah kewenangan Asops Panglima TNI guna menegaskan arah kebijakan Panglima TNI dalam optimalisasi pelaksanaan peran dan tugas TNI,” jelasnya.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan, satu hal yang saat ini penting dicermati adalah perkembanganancaman terhadap daerah perbatasan. “Komitmen kita, harus mampu memperkuat pulau-pulau terluar dan terdepan di wilayah Indonesia Timur, karena di wilayah-wilayah itu masih minim gelar kekuatan baik personel, Alutsista dan sarana prasarana pertahanannya,” ujarnya.

sertijab Asops 3

Menurutnya, TNI harus mampu memberikan arah kebijakan dalam bidang pertahanan dan keamanan negara, dan ikut mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul serta memiliki komitmen tinggi, kreatif, kompetitif, komunikatif, dan kredibel. Pasalnya, pengelolaan organisasi dengan mengedepankan peran sumber daya manusia harus menjadi karakter TNI.

Ia mengingatkan, paradigma TNI harus berubah dan perlu disempurnakan. Kedepan, gelar kekuatan dan kemampuan TNI perlu disebarkan lagi sesuai dengan prioritas ancaman. “Pulau-pulau yang bernilai strategis harus difungsikan sebagai kapal induk, karena pulau-pulau itu bisa dimanfaatkan untuk menampung pesawat tempur, pesawat transportasi dan dermaga kapal serta sarana prasarana pendukung logistik lainnya untuk keperluan pertahanan,” tandas Panglima TNI.

sertijab Asops 4

Upacara sertijab Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XII/Tpr, berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/404/V/2016 tanggal 20 Mei dan Surat Perintah Panglima TNI nomor: Sprin/1160/V/2016. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.