Sabtu, 4 Desember 21

Kasus Siska, Kejanggalan Klinik First Chiropractic Terbongkar

Kasus Siska, Kejanggalan Klinik First Chiropractic Terbongkar
* Foto Almarhumah Siska

Kisah Malpraktik (12)

Kasus Siska, Kejanggalan Klinik First Chiropractic Terbongkar

Jakarta, Obsessionnews—Pemberitaan meninggalnya Allya Siska Nadya atau Siska yang sangat gencar oleh Obsessionnews.com kemudian diikuti media-media lain, membuat sejumlah pihak terkait tak tinggal diam.

Pada Rabu (6/1/2016) pukul 14.51 WIB , Kementeian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan melakukan binwasdal gabungan ke Klinik First Chiropractic di Pondok Indah Mall 1. Hasilnya, banyak temuan yang bisa membuat masyarakat geleng-geleng kepala.

Terapis yang menangani Siska, dr. Randall Cafferty, ternyata benar tercatat telah terkena hukuman disiplin sejak 13 Maret 2013 dengan masa percobaan tiga tahun. Informasi ini didapatkan tim dari situs web Board of Chiropractic Examiner State of California, www.chiro.ca.gov.

“Informasinya, Randall ini bermasalah di Amerika atas tindakan tidak profesional dan kejahatan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Koesmedi Priharto, SpOT, Rabu (6/1/2016).

Saat ini Randall diduga telah meninggalkan Indonesia. Posisinya digantikan dr. Marek Magnowski dari Polandia. Namun lagi-lagi pihak klinik juga tidak bisa menunjukkan dokumen dokter tersebut.

Anehnya, berdasarkan laporan tim, rekam medis disimpan dalam lemari yang sama dengan alat kebersihan seperti sapu, lap, ember, dan lap pel. Bahkan semua rekam medis tidak ada tanda tangan atau paraf dari dokter pemeriksa.

Banyak kejanggalan lainnya. Seperti tempat praktik menggunakan tirai yang tertutup rapat dari atas sampai bawah. Padahal seharusnya terbuka 20 cm dari atas dan 20 cm dari bawah. Dan dari keterangan keluarga pasien yang berobat, para dokter tersebut tidak bisa berbahasa Indonesia.

Berdasarkan penelusuran Obsessionnews, didapt informasi dari situs www.chiropractic-first.co.id bahwa Chiropractic First memiliki 8 cabang di Jakarta dan 2 di Surabaya. Ada banyak dokter asing yang dipekerjakan klinik ini, seperti dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, hingga Australia.

“Klinik Chiropractic First akan ditutup karena tidak mengantungi izin yang jelas,” tegas Koesmedi.

Hasil itu sekaligus menguatkan hasil penelusuran Tim Obsessionnews yang sejak awal mencium gelagat aneh dalam kematian Siska.

Diketahui, Siska meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, Jumat (7/8/2015) pagi. Dia diduga menjadi korban malpraktik saat menjalani treatment di Chiropractic First The Spine & Nerve Clinic Cabang Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan Kamis (6/8). Di klinik terapi asing itu dia ditangani oleh dr Randal Cafferty, warga negara asing (WNA).

Kasus dugaan malpraktik Siska ini pertama kali diberitakan oleh situs berita Obsessionnews.com, baru kemudian diberitakan oleh berbagai kalangan media massa. (Bersambung)

 (Tim Obsessionnews)

Baca juga:

Allya Siska, Gadis Cantik Wafat Setelah Terapi

‘Pembunuh’ Siska Diduga Kabur, Polisi Sudah Proses Hukum

Terapis ‘Pembunuh’ Siska Tersangkut Kasus Malpraktik di AS

Kasus Malpraktik Siska, IDI Belum Dipanggil Polda

Siska Korban Malpraktik, Adik yang Pemberani

Siska dan Dunia Sosmed

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.