Minggu, 28 November 21

Kalbar Berikan Kepedulian Kepada Autism

Kalbar Berikan Kepedulian Kepada Autism

Pontianak, Obsessionnews – Setiap 2 April, dunia memperingati World Autism Awareness Day (WAAD) atau Resolusi Hari Kesadaran Autisme Sedunia, sebagai bentuk dukungan dan partisipasi aktif berbagai lintas organisasi, baik pemerintah, LSM, organisasi pemuda dan mahasiswa dalam meningkatkan kesadaran autisme pada semua tingkatan dalam masyarakat.

Peringatan Hari Autism pun datang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, termasuk Kota Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar). Walk of autism, games, pelepasan balon harapan, melukis bersama adik-adik berkebutuhan khusus adalah beberapa kegiatan yang digelar oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kalimantan Barat (Kalbar) di Mapolda Kalbar pada Minggu (12/4/2015).

Kegiatan yang digagas oleh KPAID Kalbar mendapat dukungan dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Asih, Forum Anak Daerah, Presidenz Kreatif, HIPMI Kalbar, dan Sanggar Lukis KhaCIFA.

Hari Autis

Ketua KPAID Kalbar, Alik R Rosyad, mengatakan peringatan Hari Autis sedunia kali ini tetap mengkampanyekan isu-isu yang berkaitan dengan pentingnya perhatian dan kepedulian seluruh pihak secara bersama-sama kepada anak-anak berkebutuhan khusus.

“Keterlibatan orangtua dan masyarakat tidak hanya mendorong perkembangan kemampuan dan keterampilan sosial anak penyandang autism, namun juga memberikan dukungan bagi perkembangan emosi positif kepribadian yang kuat serta kepedulian terhadap orang lain,” jelasnya kepada obsessionnews.com.

Bu Nawas

Selain itu, pihaknya juga mengajak anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang berkebutuhan untuk mengembangkan bakatnya. “Anak-anak autism memerlukan perhatian khusus, dengan tidak membedakan dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kegiatan ini sebagai media dan ruang bagi mereka untuk bermain, melukis, bernyanyi secara bersama-sama dengan suka cita, sehingga sekembalinya mereka pada lingkungan keluarga mereka selalu optimis dan ceria,” paparnya.

“Anak-anak autism harus diberikan motivasi oleh keluarga dan lingkungan sekitarnya, sehingga ada rasa percaya diri yang tumbuh dalam dirinya dan mereka mampu tumbuh dengan bakat dan karya yang dimiliki, dan kita berusaha dekat kepada mereka,” tambahnya. (Saufi)

Ketua KPAID Kalbar, Alik R Rosyad
Ketua KPAID Kalbar, Alik R Rosyad

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.