Rabu, 8 Februari 23

Kalahkan Belgia, Wales Buka Peluang ke Euro 2016

Kalahkan Belgia, Wales Buka Peluang ke Euro 2016
* Gareth Bale (kanan) mencetak gol bagi kemenangan Wales setelah memanfaatkan kesalahan pemain Belgia, Radja Nainggolan. (bbc.co.uk)

Cardiff – Wales berpotensi mengakhiri absen selama 57 tahun dalam turnamen sepak bola akbar setelah membungkam Belgia dengan skor 1-0 pada laga kualifikasi Euro 2016 di Stadion Cardiff City, Jumat (12/06) waktu setempat.

Gol semata wayang Wales disumbangkan pemain Real Madrid, Gareth Bale, pada menit ke-25 dengan memanfaatkan kesalahan gelandang Belgia keturunan Indonesia, Radja Nainggolan.

Nainggolan menyundul bola ke arah gawang yang dijaga kiper Thibaut Courtois agar rekan-rekan satu timnya dapat menyapu dan mengamankan daerah penalti dari ancaman para pemain tuan rumah.

Akan tetapi, bola tersebut justru mendarat di kaki Gareth Bale yang berdiri tanpa kawalan. Melalui satu sentuhan, dia langsung menjebol gawang Belgia.

Berkat hasil itu, Wales mampu memantapkan posisi di peringkat satu klasemen sementara Grup B kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan mengantungi 14 angka atau unggul tiga angka dari peringkat dua Belgia.

Wales kini menyisakan empat pertandingan kualifikasi lagi. Namun, karena Wales telah memperoleh hasil imbang dan menang melawan Belgia, yang merupakan musuh terberat mereka di Grup B, pintu menuju putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis terbuka lebar.

“Kami tidak terbawa suasana. Masih ada 12 angka yang harus diperebutkan. Namun, kami telah mengambil langkah besar dengan mencuri empat angka dari Belgia,” kata pelatih timnas Wales, Chris Coleman.

Terakhir kali Wales berkiprah dalam turnamen besar ialah pada Piala Dunia 1958. Sejak saat itu, prestasi mereka tenggelam di antara negara-negara Britania Raya lainnya, yakni Inggris dan Skotlandia.

Gareth Bale antarkan kemenangan untuk Wales. (goal.com)
Gareth Bale antarkan kemenangan untuk Wales. (goal.com)

Wales Pantas Menang
Menurut Gareth Bale, ia telah memberikan segalanya dalam laga kontra Belgium dan Wales pantas untuk menang.

Gareth Bale mengakui telah melakukan segalanya untuk menghadirkan kemenangan untuk Wales, Sabtu (13/6) dini hari tadi.

Gelandang 25 tahun itu mencetak gol tunggal dalam kemenangan 1-0 atas Belgia di Millennium Stadium. Kini, mereka ada di puncak klasemen Grup B Kualifikasi Euro 2016.

“Sulit untuk mengucapkannya dalam kata-kata. Kami mempersiapkan segalanya dengan baik, kami memainkan sepakbola yang indah, dan berjuang di semua area. Setelah menit ke-70, saya menggila!” ungkap Bale.

“Pelatih meminta saya untuk memberikan 200% dan tidak lengah di lapangan dan kami melakukannya. Sekarang kami bisa menikmati musim panas.”

“Kami tahu posisi kami dan kami akan merayakan sore ini. Masih ada jalan panjang di depan, tapi saat laga selanjutnya dimulai, kami akan siap sedia untuk menang,” tandas sang gelandang Real Madrid.

Wales akan menghadapi Siprus pada 3 September mendatang. (bbc.co.uk/goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.