Jumat, 24 September 21

Kacang Cegah Kematian Dini

Maastricht – Memakan setengah genggam kacang-kacangan setiap hari bisa menurunkan risiko kematian dini secara signifikan.

Demikian hasil penelitian di Belanda. Tim peneliti dari Maastricht University menemukan kemungkinan meninggal 23% lebih rendah selama pengamatan 10 tahun pada orang-orang yang makan setidaknya 10 gram kacang per hari.

Profesor Piet van den Brandt, yang memimpin penelitian itu dan menerbitkannya di jurnal International Journal of Epidemiologi, mengatakan,

“Sangat luar biasa melihat tingkat kematian yang rendah di antara mereka yang memakan kacang-kacangan atau kacang tanah rata-rata 15 gram per harinya.”

Penelitian ini mengacu pada studi tahun 1986 di mana lebih dari 120.000 lelaki dan perempuan Belanda di antara usia 55 hingga 69 tahun memberikan informasi asupan makan dan gaya hidup. Tingkat kematian mereka diteliti lagi 10 tahun kemudian.

Selai kacang tidak memberikan manfaat yang sama dengan kacang utuh. (bbc.co.uk)
Selai kacang tidak memberikan manfaat yang sama dengan kacang utuh. (bbc.co.uk)

Selain Kacang
Risiko kematian dini akibat penyakit kanker, diabetes, gangguan pernapasan saraf ditemukan berjumlah lebih rendah bagi mereka yang mengkonsumsi kacang.

Rata-rata resiko kematian dalam jangka waktu 10 tahun lebih rendah 23% untuk semua penyakit, disertai penurunan dalam kemungkinan:
– 45% gangguan atau penyakit syaraf
– 39% gangguan atau penyakit pernapasan
– 30% untuk diabetes

Tetapi tidak ditemukan manfaat yang sama untuk konsumsi selai kacang yang tinggi akan garam dan lemak trans.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan adanya hubungan konsumsi kacang dengan kesehatan jantung, namun ini adalah studi pertama yang mempelajari kacang-kacang dan penyakit-penyakit tertentu. (bbc.co.uk)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.