Sabtu, 27 April 24

Jokowi Tunjuk Maha Abou Susheh, Konsul Kehormatan RI untuk Palestina

Jokowi Tunjuk Maha Abou Susheh, Konsul Kehormatan RI untuk Palestina

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut dalam waktu yang tidak lama lagi kantor Konsulat Kehormatan RI di Kota Ramallah, Palestina, akan diresmikan. Untuk itu Presiden Jokowi menunjuk Nyonya Maha Abou Susheh selaku Konsul Kehormatan.

“Perkenankan saya menyampaikan bahwa Indonesia telah menunjuk Nyonya Maha Abou Susheh selaku Konsul Kehormatan Republik Indonesia untuk Palestina,” ujar Jokowi dalam pidato pembukaan KTT LB OKI di Jakarta, Senin (7/3/2016).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih atas persetujuan yang diberikan Palestina. Presiden memutuskan tidak akan ke sana, hanya akan mengutus Menlu RI ke Ramallah mewakili pemerintah RI untuk memimpin peresmian.

Jokowi menegaskan bahwa keberadaan Konsul Kehormatan merupakan langkah awal untuk meningkatkan dukungan Indonesia bagi kemerdekaan Palestina serta mendorong penguatan hubungan bilateral kedua negara.

Pembukaan Konsulat Kehormatan RI di Ramallah ini tidak hanya akan mempererat hubungan bilateral kedua negara tetapi juga membawa berbagai manfaat dalam kerja sama perdagangan, investasi, dan akan pariwisata.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyatakan pembukaan konsulat kehormatan tersebut merupakan salah satu langkah menuju representasi utuh Indonesia di Ramallah, selain dukungan lain berupa kesediaan Indonesia menjadi tuan rumah KTT LB OKI ke-5.

Melalui konferensi tersebut, Indonesia ingin mengembalikan isu Palestina dan Al-Quds Al-Syarif sebagai perhatian utama dunia internasional. Oleh karena itu, kata Menlu KTT ini sangat penting artinya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.