Jumat, 26 April 24

Jokowi Resmikan Kapal Pembangkit Listrik 120 MW

Jokowi Resmikan Kapal Pembangkit Listrik 120 MW

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunungi pelabuhan PT Indonesia Kendaraan Terminal, di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/12/2015) siang ini, sekaligus meresmikan pengoperasian kapal pembangkit listrik (Marine Vessel Power Plant) berkapasitas 120 Megawatt.

Peresmian ini akan ditandai dengan pelepasan keberangkatan Marine Vessel Power Plant dari Tanjung Priok untuk memperkuat kelistrikan di beberapa lokasi di Indonesia, salah satunya di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara. Kedua provinsi itu menjadi daerah tujuan pertama karena sudah terhubung dalam sistem interkoneksi kelistrikan 150 kilo Volt (kV).

Marine Vessel Power Plant buatan tahun 2014 disewakan oleh PLN selama jangka waktu 5 tahun dalam rangka memenuhi kebutuhan pembangkit listrik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kapal ini bisa dioperasikan dengan dua bahan bakar yaitu fuel jenis heavy fuel oil dan gas.

Titik koneksi awal Marine Vessel ini yaitu Amurang. Pembangunan tower transmisi 150 kV yang menghubungkan Marine Vessel Power Plant ke switchyard untuk selanjutnya disuplay ke gardu induk Lopana. Perjalanan Marine Vessel Power Plant ke Amurang diperkirakan akan memakan waktu sekitar tujuh hari.

Untuk diketahui, dalam rangka memenuhi kebutuhan pasokan listrik sesuai dengan rencana usaha penyediaan tenaga listrik, dibutuhkan pembangkit yang dapat mensuplai daya jangka pendek, menengah dan jangka panjang bagi beberapa daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Salah satu cara yang ditempuh PLN adalah dengan menyediakan pembangkit listrik yang dapat dipindahkan sesuai kebutuhan sistem yaitu menggunakan Marine Vessel Power Plant. Kapal buatan Turki ini memiliki titik interkoneksi disisi tegangan tinggi, 70 kV/150 kV.

Selanjutnya PLN juga akan mendatangkan power plant serupa untuk beberapa lokasi antara lain Sumatera Bagian Utara (240 MW), Kupang (60 MW), Ambon (60 MW), dan Lombok (60 MW). (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.