Minggu, 17 Oktober 21

Jokowi Perintahkan Kontrol Tambang yang Abaikan Keselamatan

Jokowi Perintahkan Kontrol Tambang yang Abaikan Keselamatan

Balikpapan, Obsessionnews – Presiden Jokowi memerintah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menteri ESDM Sudirman Said untuk rutin melakukan kontrol terhadap tambang.

Instruksi itu disampaikan pasca tewasnya dua pelajar akibat tenggelam di lubang atau kolam bekas tambang batu bara di Kutai Kartanegara, Kaltim.

“Kontrol terutama tambang-tambang kecil yang tidak memperhatikan keselamatan pekerjanya, saya perintahkan ini,” ujar Jokowi di Balikpapan, Kaltim, Kamis (24/3/2016).

Jokowi mengaku sudah mendapatkan laporkan soal insiden itu begitu tiba di Kota Balikpapan dalam rangka kunjungan kerja. Kasus ini sekaligus menjadi catatan untuk dirinya.

“Ini jadi catatan tapi yang paling penting izin itu bukan memberikan saja tapi kontrol di lapangan, cek di lapangan,” tegas Presiden Jokowi.

Dua korban tenggelam kolam tambang itu yakni Diki Aditya Pratama (15 tahun) dan Noval Fajar Slamat Riyadi (15 tahun), pelajar SMKN 2 Samarinda.

Insiden itu terjadi pada, Rabu (23/3/2016) di kolam bekas tambang milik PT Bukit Baiduri Energi (BBE), Desa Bukit Raya RT 19, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar.

Kepala Teknik Tambang PT BBE, Reno Barus membenarkan kejadian itu. Dia mengatakan aktivitas penambangan batu bara di area tersebut sudah berhenti sejak 2007.

Sempat direklamasi dan dilakukan penanaman pohon, namun oleh warga diminta dibiarkan terbuka karena hendak digunakan untuk keperluan irigasi sawah.

Meski begitu, ia mengungkapkan papan tand bahaya memasuki area eks tambang milik PT BBE sudah terpasang. Bahkan saat-saat tertentu petugas seringkali kontrol. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.