Sabtu, 27 April 24

Jokowi Hadiri KTT ASEAN di Laos

Jokowi Hadiri KTT ASEAN di Laos
* Presiden Jokowi.

Vientiane, Obsessionnews.com – Usai menyelesaikan rangkaian agenda kunjungan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok, Presiden Jokowi, Selasa (6/9/2016) diagendakan untuk beraktivitas di Vientiane, Laos. Kehadiran Presiden Jokowi di Laos dimaksudkan untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

KTT ASEAN ke-28 dan ke-29 ini sendiri akan dibuka secara resmi di National Convention Centre (NCC) sekitar pukul 13.00 WIB. Dalam upacara pembukaan tersebut, Presiden Jokowi akan melakukan foto bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya.

KTT ASEAN ke-28 akan membahas tentang pembangunan komunitas ASEAN, khususnya penggelaran Visi ASEAN 2025 dan tiga rencana induk. Sementara itu, dalam KTT ke-29 yang akan digelar esok hari dan merupakan sidang terbatas, para pemimpin ASEAN akan membahas tentang hubungan luar negeri ASEAN dan orientasi ASEAN pada masa depan. Para pemimpin ASEAN juga akan membahas masalah-masalah regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama.

Sementara itu, saat Presiden Jokowi bersama pemimpin ASEAN lainnya menghadiri KTT ASEAN ke-28, Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan istri pemimpin ASEAN lainnya diagendakan untuk mengikuti ‘spouse program’.

Selama KTT ASEAN ke-28 berlangsung, Presiden Jokowi akan didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Usai pelaksanaan KTT ASEAN ke-28, Presiden Jokowi beserta pemimpin ASEAN lainnya diagendakan untuk menandatangani dokumen ‘The ASEAN Declaration on One ASEAN, One Response: ASEAN Responding to disasters as one in the Region and outside the Region’. Setelahnya, Presiden akan langsung menghadiri ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dengan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sekitar pukul 16.40 WIB, Presiden Jokowi akan menghadiri ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth. Mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut ialah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Agenda kegiatan Presiden kemudian akan dilanjutkan dengan menghadiri ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN Business Advisory Council (ABAC). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong.

Rangkaian kegiatan Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi pada hari ini akan diakhiri dengan menghadiri ‘welcoming dinner’ oleh Perdana Menteri Republik Demokrasi Rakyat Laos (Ketua ASEAN 2016), Thonglouin Sisoulith dan istrinya Naly Sisoulith. Acara tersebut akan digelar di Convention Hall, Hotel Don Chan Palace, Vientiane, Laos. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.