Jumat, 26 April 24

Jokowi dan Abe Bahas Rencana Investasi Jepang di Indonesia

Jokowi dan Abe Bahas Rencana Investasi Jepang di Indonesia
* Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela pelaksanaan KTT G-7 Outreach di Shima, Jepang, Jumat (27/5/2016).

Shima, Obsessionnews – Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengadakan pertemuan bilateral di sela-sela pelaksanaan KTT G-7 Outreach di Shima, Jepang, Jumat (27/5/2016). Dalam pertemuan yang dilakukan dengan terbuka dan sangat bersahabat itu, kedua kepala negara membahas berbagai isu penting dan rencana kerja sama ekonomi.

“Kami sangat menghargai kehadiran dan kontribusi Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN, dalam KTT G-7 Outreach,” ucap PM Abe mengawali pembicaraan.

Salah satu kerjasama yang dibahas adalah pembangunan pelabuhan Patimban di Jawa Barat. Selain itu, dalam pertemuan itu dibahas pula, kerjasama pembangunan proyek listrik di Batang dan rencana pembangunan jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa.

Pertemuan Presiden Jokowi dan PM Abe di Shima ini tercatat merupakan pertemuan keempat dalam kurun waktu kurang dari dua tahun yang mencerminkan komitmen kuat kedua negara untuk memajukan kerja sama. Terakhir, Presiden Jokowi dan PM Abe bertemu di sela sela KTT ASEAN ke -27 di Kuala Lumpur.

Sebagai gambaran, kerjasama bidang perdagangan pada periode 2015, volume perdagangan Indonesia-Jepang tercatat sebesar USD 31,27 miliar, dengan nilai ekspor sebesar USD 18,01 miliar dan impor sebesar USD 13,26 miliar. Sementara di bidang investasi, Jepang merupakan peringkat ketiga terbesar investor di Indonesia dengan USD 2,87 billion in 2.030 proyek. Total wisatawan Jepang sebesar 486.687 orang per tahun 2014.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Abe, Presiden didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menteri PPN/ Kapala Bappenas Sofyan Djalil, Ketua OJK Muliaman Hadad dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.