Sabtu, 13 Agustus 22

Isbat Nikah Gratis 692 Pasangan Suami Istri

Isbat Nikah Gratis 692 Pasangan Suami Istri

Jember, Obsessionnews.com – Pada Jumat (16/11/2018) pagi, di balai Kecamatan Sumbersari Jember dilaksanakan Isbat Nikah gratis bagi 692 pasangan suami istri yang belum memiliki surat/akta nikah dari 6 kecamatan.

Peserta Isbat nikah terebut diantaranya dari Kecamatan Sumbersari sebanyak 191 pasangan, Kecamatan Pakusari 216 pasangan, Kecamatan Sukorambi 219 pasangan, Kecamatan Kaliwates 2 pasangan, Kecamatan patrang 28 Pasangan dan Kecamatan Panti 36 pasangan dan kesemuanya dilakukan isbat secara terpusat di Kecamatan Sumbersari.

Acara ini dihadiri Muspika dan Lurah maupun Kepala Desa dari seluruh wilayah kecamatan yang masyarakatnya menjalani sidang isbat nikah secara gratis yang merupakan program dari Pemerintah Kabupaten jember.

Sebagai pemimpin sidang Isbat Nikal adalah H. Muksin SH MH dari Depag Kab. Jember beserta 18 orang anggotanya, sedangkan unsur keamanan yang mengamamankan kegiatan tersebut diantaranya Koramil 0824/11 Sumbersari 12 orang, Polsek Sumbersari 16 orang, Satpol PP Kec Sumbersari 10 orang dan Linmas 10 orang.

Danramil 0824/11 Sumbersari menegaskan, adanya bantuan pengamanan dari personelnya tersebut sesuai dengan permintaan dari Panitia Isbat Nikah Kecamatan Sumbersari, dan hal tersebut merupakan kesempatan bagi anggota dalam bersinergi dan berkolaborasi dengan aparat kewilayahan lainnya dalam mengamankan kegiatan di wilayah.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyatakan, Isbat Nikah Gratis tersebut merupakan kegiatan yang patut diapresiasi dan didukung bersama. “Karena di era seperti sekarang ini legalitas pernikahan sangat diperlukan disamping sebagai keabsahan hukum rumah tangga juga sebagai bagian dari dasar administrasi kependudukan lainnya seperti akte kelahiran anak, kartu kelurga dan lain-lainnya,” jelasnya.

Untuk itu seperti yang telah dilakukan dibeberapa kecamatan di Kabupaten jember, seluruh jajaran Koramil sudah kita perintahkan untuk mengamankan kegiatan tersebut sehingga dapat berjalan dengan khidmat dan lancar. “Sekaligus mambantu kelancaran program kegiatan Pemerintah Daerah Kab Jember,” tambahnya. (Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.