Rabu, 1 Mei 24

Inilah yang Bakal Terjadi Saat Mantan Presiden Trump Ditangkap

Inilah yang Bakal Terjadi Saat Mantan Presiden Trump Ditangkap
* Mantan Presiden AS Donald Trump. (Reuters/BBC)

Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menghadapi penangkapan yang akan datang atas tuduhan yang berasal dari penyelidikan atas pembayaran $130.000 (£106.000) kepada bintang porno Stormy Daniels pada tahun 2016.

Dilansir BBC, Selasa (4/4/2023), Donald Trump meninggalkan Florida dan mendarat di New York pada hari Senin, sehari sebelum penangkapan dan kehadirannya di pengadilan.

Pria berusia 76 tahun itu adalah mantan presiden AS pertama yang menghadapi dakwaan kriminal, tetapi tidak jelas apa sebenarnya tuntutan itu.

Apa yang dituduhkan kepada Trump?
Pada tahun 2016, bintang film dewasa Stormy Daniels menghubungi media yang menawarkan untuk menjual akunnya tentang perselingkuhan dengan Donald Trump pada tahun 2006.

Tim Donald Trump mengetahui hal ini, dan pengacaranya Michael Cohen membayar $ 130.000 kepada Ms Daniels untuk tetap diam.

Ini tidak ilegal. Namun, ketika Trump mengganti Cohen, catatan pembayaran mengatakan itu untuk biaya hukum. Jaksa mengatakan ini sama saja dengan Trump memalsukan catatan bisnis, yang merupakan pelanggaran ringan – tindak pidana – di New York.

Jaksa juga dapat menuduh bahwa ini melanggar undang-undang pemilu, karena upayanya untuk menyembunyikan pembayarannya kepada Daniels dimotivasi oleh tidak ingin para pemilih mengetahui bahwa dia berselingkuh dengannya. Menutupi kejahatan dengan memalsukan catatan akan menjadi kejahatan, yang merupakan tuduhan yang lebih serius.

Bahkan para advokat untuk penuntutan mengakui bahwa bagaimanapun juga, ini sama sekali bukan kasus yang jelas. Ada sedikit preseden untuk penuntutan semacam itu, dan upaya sebelumnya untuk menuntut politisi karena melewati batas antara dana kampanye dan pengeluaran pribadi telah berakhir dengan kegagalan.

“Ini akan sulit,” kata Catherine Christian, mantan jaksa keuangan untuk jaksa wilayah New York City.

Apa yang terjadi pada Trump selanjutnya?
Jaksa Wilayah Kota New York Alvin Bragg membentuk dewan juri untuk menyelidiki apakah ada cukup bukti untuk melanjutkan penuntutan, dan mereka memilih minggu lalu untuk melanjutkan.

Sidang mantan presiden akan berlangsung pada Selasa pukul 14:15 waktu setempat (19:15 WIB).

Dokumen yang menyajikan dakwaan resmi terhadap Trump tidak akan dipublikasikan sampai hakim membacakan dakwaan terhadapnya.

Ditemani oleh tim agen Secret Service dan di tengah operasi keamanan besar-besaran, dia akan dikawal ke gedung pengadilan Lower Manhattan pada hari Selasa.

FBI, penegak hukum Kota New York, dan Dinas Rahasia AS mengoordinasikan keamanan untuk proses tersebut.

Ketika Trump ditangkap, apakah sidik jarinya akan diambil?
Tim hukum Trump mengatakan dia tidak akan diborgol. Dia kemungkinan besar akan memasuki pengadilan melalui pintu masuk pribadi sebagai lawan dari “perp walk” yang lebih khas di depan media yang berkumpul.

Namun begitu masuk, Trump akan diambil sidik jarinya oleh pejabat. Tapi ada ketidakpastian yang cukup besar, apakah mantan presiden harus berpose untuk foto.

Pada hari Senin, salah satu pengacara Trump, Alina Habba, mengatakan kepada CNN bahwa dia tidak boleh difoto karena dia adalah “wajah yang paling dikenal di dunia” dan bahwa tujuan dari foto adalah untuk identifikasi.

Dan pada hari Selasa, laporan di media AS menyatakan bahwa Bragg telah memutuskan tidak perlu menempatkan pria berusia 76 tahun itu melalui proses pengambilan gambar.

Jika foto itu diambil, tidak ada jaminan publik akan melihatnya. Di bawah undang-undang negara bagian New York, mantan presiden harus memberikan persetujuannya untuk merilisnya, meskipun media AS telah menyarankan dia tidak menentang penerbitannya.

Dokumen penangkapan yang biasa juga akan dilengkapi , artinya perinciannya akan diambil dan penyelidik akan memeriksa surat perintah atau tuntutan penangkapan yang belum diselesaikan.

Setelah Trump diambil sidik jarinya dan diproses, dia dianggap ditahan dan ditahan. Sepanjang proses pemesanan, dia akan didampingi oleh agen Secret Service.

Trump kemudian akan menunggu di area penahanan atau sel sampai dia muncul di hadapan hakim. Arraignment – saat di mana terdakwa mengajukan permohonan mereka di hadapan hakim – terbuka untuk umum.

Pada hari Senin, Hakim Juan Merchan memutuskan bahwa beberapa fotografer pers akan diizinkan mengambil gambar selama beberapa menit sebelum dakwaan resmi dimulai.

Kapan Trump akan diadili?
Tidak jelas kapan sidang akan berlangsung.

Setelah kasus dipesan dan hakim dipilih, perincian lainnya mungkin berlaku, seperti waktu persidangan.

Trump diperkirakan akan dibebaskan dengan jaminan sehingga dia kemudian akan terbang pulang ke Florida.

Hakim dan tim hukum akan menetapkan tanggal untuk sidang berikutnya dan juga akan ada proses penemuan, di mana kantor kejaksaan harus menyerahkan semua informasinya kepada tim hukum Trump.

Kenyataannya, bisa memakan waktu berbulan-bulan sebelum sidang formal lainnya dilakukan.

Jika ada persidangan, hukuman atas pelanggaran ringan akan menghasilkan denda. Jika Trump dinyatakan bersalah atas tuduhan kejahatan, dia akan menghadapi hukuman maksimal empat tahun penjara, meskipun beberapa ahli hukum memperkirakan denda lebih mungkin terjadi, dan sangat tidak mungkin berada di balik jeruji besi.

Apakah Trump masih bisa calonkan diri sebagai presiden?
Sebuah dakwaan atau bahkan hukuman pidana tidak akan mencegah Trump untuk melanjutkan kampanye kepresidenannya jika dia memilih demikian – dan dia telah memberikan setiap indikasi bahwa dia akan terus maju terlepas dari apa yang terjadi.

Faktanya, tidak ada dalam undang-undang AS yang mencegah seorang kandidat yang dinyatakan bersalah melakukan kejahatan untuk berkampanye, dan menjabat sebagai, presiden – bahkan dari penjara.

Namun, penangkapan Trump tentu akan mempersulit kampanye kepresidenannya.

Meskipun hal itu mungkin menyebabkan beberapa pemilih Republik berkumpul di sekitar juara mereka yang diperangi, itu bisa menjadi gangguan yang signifikan bagi seorang kandidat di jalur kampanye, mencoba untuk mendapatkan suara dan berpartisipasi dalam debat.

Itu juga akan memperdalam dan mengobarkan perpecahan yang sudah tajam dalam sistem politik Amerika.

Konservatif percaya mantan presiden ditahan dengan standar keadilan yang berbeda, sementara kaum liberal melihat ini sebagai masalah meminta pertanggungjawaban pelanggar hukum – bahkan mereka yang berada di posisi kekuasaan tertinggi. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.